Detail Berita
KESEMPATAN MAGANG KE JEPANG
28-06-2010

Suatu kabar gembira bahwa Pemerintah Propinsi DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi DIY membuka kesempatan bagi warga masyarakat yang ingin magang ke Jepang untuk meningkatkan ketrapilan kerja. Demikian disampaikan Kabid Nakerstrans Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Dra Sri Mulyatiningsih di Balaikota.
Dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti pemagangan ke Jepang bisa mendaftarkan diri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi DIY, Jl. Lingkar Utara, Maguwoharjo, Depok Sleman mulai tanggal 1 Februari s/d 17 Mei 2010. Adapun persyaratan antara lain, WNI yang berdomisili di DIY yang ditunjukkan dengan KTP, kartu keluarga, ijazah, jenis kelamin laki-laki tidak berkacamata, tinggi badan minimal 160 cm dan berat badan minimal 50 kg.
Ditambahkan, syarat pendidikan formal berijazah SMK/STM, diploma atau sarjana teknik jurusan : bangunan, mekanik, teknologi industri, mekanisasi pertanian,  juru gambar dan teknik kimia. Atau berijazah SMU, diploma, atau sarjana sosial yang telah mengikuti pelatihan kerja minimal 220 jam pelajaran (jpl) yang dibuktikan dengan Sertifikat Latihan Kerja yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja (BLK)/Lembaga latihan kerja pemerintah atau swasta dengan bidang ketrampilan kejuruan Bangunan, mekanik, listrik, industri, mekanisasi pertanian, juru gambar dan teknik kimia atau pengalaman kerja 1 tahun dibidang teknik.
Syarat lain, usia pada saat wawancara minimal 20 tahun maksimal 27 tahun dibuktikan dengan akte kelahiran. Berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah atau puskesmas. Disyaratkan pula tidak pernah melakukan tindak kriminal, terlibat gerakan ekstrim terlarang (misal terorisme) ataupun penggunaan alat-alat psikotropika yang dibuktikan dengan keterangan dari kepolisian setempat.
Yang harus diperhatikan pada saat pendaftaran adalah : menyerahkan foto copy KTP, KK, akte kelahiran, ijazah SD s/d Perguruan Tinggi disertai transkrip nilai yang dilegalisir. Foto copy sertifikat latihan kerja bagi lulusan SMU, diploma dan sarjana sosial non teknik yang sudah dilegalisir. Surat keterangan sehat dari dokter, Kartu Pencari Kerja (AK1), surat ijin orang tua/wali/istri, surat perjanjian belum pernah mengikuti program training/pemagangan ke Jepang. Surat lamaran bermeterai Rp 6000,-. Formulir bisa diperoleh di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Propinsi DIY, Jl Lingkar Utara, Maguwoharjo, Depok Sleman Telp. (0274) 885044.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer