Detail Berita
KURANGI PENGANGGURAN : PEMKOT LAKUKAN PELATIHAN GRATIS
28-06-2010

Memberi bekal ketrampilan kepada para pencari kerja dan mengurangi pengangguran, Pemkot Yogyakarta mengucurkan dana 1 (satu) miliar rupiah untuk pelaksanaan pelatihan. Ditargetkan dana sebesar itu mampu membekali ketrampilan 500 orang pengangguran usia produktif dan diprioritaskan bagi warga kota pemegang KMS. “Pelatihan ini diharapkan dapat memberi ketrampilan pencari kerja usia produktif agar lebih mampu berkompetisi di dunia kerja. Juga mampu membentuk wirausaha-wirausaha baru,” tutur Kabid Pengembangan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Sri Mulyatiningsih di Balaikota, Rabu (03/02).
Jenis pelatihan yang diselenggarakan antara lain teknisi HP, teknisi sepeda motor, perhotelan, desain grafis, operator komputer, pembuatan roti dan kue, stir mobil, tata kecantikan rambut, menjahit plastik dan tata boga. Pihak Dinsosnakertrans akan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) untuk teknis pelaksanaannya.
Program pelatihan dibedakan dalam dua jenis yaitu untuk peserta umum dan peserta yang telah ditentukan sesuai permintaan kelurahan setempat. Untuk jenis kedua  (mobile training unit/MTU) akan diselenggarakan secara khusus pada beberapa kelurahan, yakni Tegalpanggung, Sorosutan, Kricak, Gedongkiwo, Suryodiningratan, Demangan, Prawirodirjan, Wirobrajan, Kotagede dan Bener serta Mantrijeron,“ papar Bu Mul demikian biasa disapa.
Menurutnya, bagi warga kota yang berminat dapat mendaftarkan diri ke Dinsosnakertrans hingga 25 Maret mendatang dan mengikuti seleksi yang ditentukan. Pelatihan akan dimulai bulan April mendatang. Syarat yang harus dibawa diantaranya, fotokopi KTP, AK 1, ijasah terakhir, KMS dan pas poto 3x4 masing-masing 1 (satu) lembar dimasukkan stopmap. Khusus untuk pelatihan Perhotelan usia maksimal 24 tahun dengan tinggi badan putera 160 cm dan puteri 155 cm. “Usai pelatihan, peserta akan kami dampingi untuk program pemagangan di sejumlah perusahaan. Bagi peserta yang sudah mempunyai embrio usaha akan diupayakan untuk mendapatkan bantuan peralatan kerja,” tambahnya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer