Detail Berita
WARGA JETIS CIPTAKAN BATTERY CHARGER MULTI GUNA
24-06-2010

Seorang warga Jetis, yakni Bapak Basuki berhasil menciptakan teknologi tepat guna yakni battery charger multi guna. Battery charger ini bisa diaplikasikan pada peralatan yang menggunakan daya listrik untuk menjalankannya. Seperti mobil bensin, sepeda motor, sepeda listrik, atau mobil listrik. Juga bisa dimanfaatkan untuk lampu senter, mobil mainan, handphone bahkan laptop.
Ide awalnya ketika Pak Basuki sering tidak puas terhadap barang-barang elektronika import yang dibelinya, ternyata tidak semuanya berkualitas baik. Sehingga malah membuahkan ide kreatif untuk membuat sendiri alat-alat elektronika yang lebih murah.
Karya Basuki berupa battery yang bisa diisi kembali ini dikembangkan sejak tahun 1980 dalam bentuk lampu accu. Kemudian seiring dengan pengamatan selama alat itu bekerja, disempurnakanlah bahan-bahan yang dipergunakan sehingga saat ini kebutuhannya lebih murah. Penelitian terutama dilakukan mencari jawaban untuk membebaskan dari ketergantungan besarnya ukuran trafo yang dibutuhkan. Dimana semakin besar ukuran trafo harganya semakin mahal. Dengan memanfaatkan rangkaian pelipat tegangan bisa mengatasi ketergantungan kepada trafo yang besar.
Dengan rangkaian pelipat tegangan, hanya perlu menyesuaikan atau menyamakan besarnya arus pengisisan dengan ukuran trafo. Berbeda dengan teori yang sudah lazim, arus pengisian mungkin hanya 1 Ampere tetapi trafonya bisa 5 – 10 Ampere. Sebab cara lama berlaku azas keseimbangan daya yang harus dipindahkan, sedangkan dengan rangkaian pelipat tegangan trafo kecil maupun besar mampu mengisi accu atau batery isi ulang sama baiknya. Bahkan dengan pelipat tegangan ini, trafo 12 volt ampere dapat digunakan untuk mengisi aki/batery isi ulang mulai dari 1,2 volt sampai 12 volt.
Kelebihan lain dari alat ini adalah tahan hubungan singkat dengan teori yang mendasarinya adalah bahwa accu memindahkan muatan listrik bukan memindahkan daya seperti yang selama ini dipahami. Teknologi perakitan alat ini juga sangat sederhana, demikian pula komponen yang diperlukan, tidak serumit switching regulator maupun charger handphone. Pembuatan alat ini bisa dijadikan home industri dan berani dipajang di took-toko untuk bersaing dengan alat-alat import. 
Untuk lebih jelasnya mengenai pembuatan alat battery charger multi guna ini, pembaca bisa menghubungi Bpk Basuki Setia Budi, Jl Jetis Pasiraman 38 Yogyakarta, HP 0274 – 9179314.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer