Detail Berita
JOGJA TERBAIK MENDIRIKAN USAHA DAN MENGURUS IJIN BANGUNAN
24-06-2010

Kota Yogyakarta dinilai terbaik di Indonesia dalam kemudahan mendirikan usaha dan mengurus izin mendirikan bangunan. Bahkan dibanding 183 kota lain di dunia, Kota Yogyakarta menempati peringkat ke - 5. Demikian terungkap dalam seminar Memperbandingkan Kebijakan Usaha di 14 Kota dan 183 Perekonomian, bertempat di Hotel Ina Garuda, Rabu (20/01). 
Prestasi tersebut hasil survei “Doing Business” di Indonesia 2010 dilakukan oleh International Finance Corporation (IFC) bekerjasama dengan Multilateral Investment Guarantee Agency, The World Bank, dan State Ministry for Administrative Reform. Survei ini untuk mengukur setiap langkah, waktu dan biaya yang harus dilalui oleh seorang pelaku usaha, dengan mempelajari peraturan di tingkat nasional dan daerah pada 3 bidang yaitu mendirikan usaha, mengurus perijinan untuk mendirikan bangunan dan mendaftarkan properti. Kota Yogyakarta mampu menempati peringkat pertama dalam kemudahan mendirikan usaha dan kemudahan mengurus ijin mendirikan bangunan. Sedangkan kemudahan mendaftarkan properti, Kota Yogyakarta menempati posisi ke-12.
Survei dilakukan di 14 kota se-Indonesia, antara lain Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Denpasar, Jakarta, Makasar, Manado, Palangkaraya, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surabaya dan Surakarta. Indikator yang digunakan yaitu jumlah prosedur dan hari serta biaya untuk mengurus ijin mendirikan bangunan, mendaftarkan properti, serta untuk mendirikan usaha. Jumlah prosedur untuk mengurus ijin mendirikan bangunan, kota Yogyakarta menempati peringkat kelima di tingkat dunia. Di mana kota tersebut hanya membutuhkan delapan prosedur saja, dengan kebutuhan waktu 43 hari.
Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, menyambut baik hasil survei “Doing Business” di Indonesia 2010. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kebijakan usaha dan proses perijinan untuk memudahkan berusaha di Yogyakarta bagi usaha kecil dan menengah domestik. “Jangan kita menjadi puas sampai disini tetapi hal ini harus dijadikan pedoman bahwa kita sudah on the track. Meski sudah baik pasti ada sesuatu yang masih perlu diperbaiki lagi,” katanya. 
“Mudah-mudahan penelitian ini akan bermanfaat bagi semua, dan ada masukan untuk lebih meningkatkan hal yang masih perlu diperbaiki. Mudah-mudahan juga Indonesia menjadi negara yang sejahtera maju berdaulat dan bermartabat,” harap Herry.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer