Detail Berita
DUA MENTERI KUNJUNGI PUSKESMAS JETIS
24-06-2010

2 Mentri 
 
Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih dan Menteri Negera Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Salsiah Alisjahbana mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Jetis Yogyakarta, Jumat (29/01). Dalam kunjungannya yang diterima langsung Walikota Herry Zudianto dan dipandu Kepala Puskesmas Jetis dr. Ernawati Hardani, untuk melihat secara langsung pelayanan yang ada di puskesmas. 
Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih tetarik rencana Pemerintah Kota Yogyakarta mendirikan Rumah Pemulihan Gizi (RPG) bagi anak balita. Ketertarikan Endang setelah mendengar secara langsung penjelasan mengenai RPG dari Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Ibu Dyah Suminar. Menkes mengatakan ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang RPG. Menurutnya, kalau RPG ini terlaksana berarti pelayanan ini merupakan yang pertama di Indonesia. 
Lebih jauh ibu Dyah menjelaskan rumah pemulihan gizi akan menempati bekas gedung Sekolah Dasar Negeri Gading Yogyakarta yang telah direnovasi. RPG memiliki dua konsep yakni pertama penangan permasalahan gizi balita secara komprehensip dan kedua menjadi tempat edukasi bagi orang tua dan masyarakat tentang gizi. ”Fasilitas yang disediakan meliputi tempat perawatan, tempat konsultasi, aula pelatihan gizi untuk ibu hamil, pasangan usia subur (PUS) dan kader yandu”, tambah Dyah.
Dikatakan, seorang anak dengan gizi buruk dapat sampai ke RPG adalah melalui petugas Posyandu yang ada di kampung-kampung. “Apabila ditemukan seorang bayi dengan gizi tidak bagus oleh petugas diberi rujukan ke RPG. Di PRG anak akan ditangani oleh dokter anak dan ahli gizi,” ujar Dyah. Ditambahkan apabila ditemukan gizi yang kurang baik pada anak yang dirujuk maka anak tersebut akan dirawat selama kurang lebih dua minggu untuk menerima asupan gizi yang seimbang. 
RPG yang rencananya akan mengadakan “soft launching” tanggal 9 Febrauari 2010 ini memiliki karyawan sebanyak 10 orang dan dibantu para ahli gizi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Yogyakarta serta dokter dan bidan Puskesmas.
Terkait kunjungan Menkes dan Meneg PPN/Kepala Bappenas ke puskesmas Jetis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr. Choirul mengatakan, bahwa puskesmas Jetis telah menerima ISO 2001 di bidang pelayanan kesehatan. Selain itu Puskesmas Jetis banyak melayani warga miskin. Juga pencapaian Millenium Development Goalsnya terbaik untuk kota Yogyakarta dalam penanganan gizi buruk dan kematian ibu dan bayi.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer