Detail Berita
UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI WILAYAH : PEMKOT GULIRKAN DANA APBD 4 MILYAR LEBIH
24-06-2010

Program pemberdayaan ekomomi wilayah (PEW) melalui penguatan modal usaha mikro dan kecil tahun 2009 telah menetapkan 413 kelompok penerima manfaat. Ke 413 kelompok tersebut setelah dilakukan verifikasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta sebagaimana diamanatkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 71 tahun 2009 tentang Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kewilayahan Melalui Penguatan Modal Usaha Mikro dan Kecil yang disempurnakan dengan Perwal 106 tahun 2009.
 Menurut Kepala Dinas Perindagkoptan, Heru Pria Warjaka, SE, pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak 30 Juni hingga 8 Juli di 14 kecamatan se-kota. Seusainya sosialisasi, Dinas Perindagkoptan menerima 799 proposal dari tanggal 1 - 31 Juli 2009. “Verifikasi dilakukan terhadap kelengkapan persyaratan administratif dari proposal yang masuk. Proposal yang memenuhi persyaratan kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi lapangan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah yang tertulis dalam proposal sesuai dengan kondisi dilapangan. Serta menilai keberadaan kelompok dari sisi kelembagaan, kegiatan usaha dan rencana pemanfaatan bantuan, kata Heru. 
 Dikatakan, pembahasan hasil verifikasi melibatkan petugas dari perwakilan kelurahan, Kecamatan untuk menentukan kelompok-kelompok terpilih dan besaran bantuan masing-masing kelompok. “Dari 799 proposal sebanyak 498 lolos verifikasi administrasi, setelah diverifikasi lapangan hanya menyisakan 413 proposal yang layak mendapatkan bantuan, dengan jumlah kelompok 6430. Nantinya kelompok yang menerima dana pinjaman/dana bergulir diwajibkan mendapatkan persetujuan dari suami/istri dengan membubuhkan tandatangan pada bukti penerimaan,” katanya. 
 Lebih jauh Heru menjelaskan, besaran bantuan kepada masing-masing kelompok tidak sama, hal ini berdasar pada persyaratan yang berlaku. Dicontohkan, kelompok yang baru terbentuk atau kurang dari satu tahun akan mendapatkan alokasi dana maksimal 10 juta, sedangkan yang usianya 1 - 2 tahun bantuan dapat dipertimbangkan setingi-tingginya 30 juta. “Dari 413 kelompok yang mendapatkan bantuan 30 juta ada 1 kelompok, 20 juta 8 kelompok, dan 3 kelompok mendapatkan 15 juta, sisanya masing-masing 10 juta dengan jumlah dana yang digulirkan mencapai Rp. 4.245.000.000,00. 
Teknis pengambilan bantuan nantinya akan ditransfer melalui Bank BPD lewat ketua kelompok masing-masing yang telah membuka rekening. Pencairan bantuan ini akhir bulan Desember diharapkan telah selesai. Pengurus kelompok wajib menyampaikan pemanfaatan bantuan modal paling lambat 1 bulan setelah menerima dana, serta wajib menyampaikan laporan perkembangan pengelolaan dana bergulir secara berkala setiap 3 bulan, paparnya. Berikut data kelompok yang menerima bantuan.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer