Detail Berita
WALIKOTA : KUNJUNGAN KE ANJUNGAN DAERAH : JADI EKSTRA KURIKULER
24-06-2010

Gagasan inovatif dari orang nomor satu di kota Yogyakarta tak pernah surut. Kali ini Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto memunculkan ide yakni membuat satu ekstrakurikuler bagi pelajar atau siswa SD dan SMP di Kota Jogja untuk
mengunjugi anjungan daerah pada asrama - asrama mahasiswa yang telah diresmikan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda lalu. Gagasan ini disampaikan Pak Herry ketika mengunjugi Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur, Asrama Mahasiswa Jawa Barat dan Asrama Mahasiswa Kalimantan Barat, Jumat (4/12). “Setelah anjungan daerah yang ada di asrama mahasiswa tertata dalam setahun ini, nantinya pelajar/siswa SD atau SMP akan saya ajak keliling ke berbagai asrama sebagai satu ekstrakurikuler pendidikan sekolah. Berjumpa dengan kakak –kakaknya dari daerah lain untuk menerangkan segala aspek dari daerahnya untuk dipelajari oleh pelajar Jogja.” kata Herry Zudianto. 
Gagasan ini dikemukakan, agar sejak kecil anak-anak Yogyakarta mengenal kebhinekaan yang ada di Indonesia dari anjungan - anjungan daerah tersebut. Sehingga pancaran wawasan kebangsaan, pengenalan pluralitas dan multikuluralisme bisa terbina sejak kecil pula. “Lewat anjungan ini, diharapkan anak-anak bisa mengenal kebhinnekaan di Indonesia sejak kecil. Mengenal budaya daerah lain, anak-anak Jogja tidak harus berkunjung langsung ke daerah tertentu, tinggal mengunjungi suatu anjungan daerah di asrama mahasiswa di Yogyakarta. Diibaratkan anjungan-anjungan ini seperti taman mini, namun taman mini yang anjungannya tersebar di berbagai tempat”, kata Herry Zudianto. 
Herry berharap, keberadaan asrama mahasiswa yang terdapat di Kota Yogyakarta hendaknya tidak hanya sebagai tempat tinggal saja, namun hendaknya bisa diangkat menjadi etalase menampilkan dan memperkenalkan segala potensi daerahnya, baik seni budaya, geografi dan ekonominya. Kehadiran asrama ini juga bisa menjadi suatu tali untuk menjembatani silaturahmi dengan anak-anak di Jogja untuk mengenal saudara-saudara dari seluruh tanah air dan sebagai wahana yang menyenangkan untuk mempelajari suatu daerah bagi anak-anak Jogja.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer