Detail Berita
WAHANA KREASI DAN EKSPRESI ANAK USIA DINI : UMBULHARJO GELAR GEBYAR PAUD
24-06-2010

Tak kurang 600 anak-anak usia dini tampak ceria mengikuti Gebyar PAUD Tingkat Kecamatan Umbulharjo, Sabtu, (5/12) bertempat di Pendopo Kecamatan setempat. Mereka asyik bermain kreatif untuk merangsang kecerdasaannya sehingga berkembang secara optimal. Acara dibuka oleh Camat Umbulharjo, Agus Winarto, melibatkan sejumlah 88 SPS Paud se-Kecamatan Umbulharjo. “Kegiatan Gebyar PAUD kali ini tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini lebih mengutamakan pemberian stimulasi kreatifitas dan ekspresi pada anak-anak dengan model bermain sentra,” ujar ketua Forum PAUD Kecamatan Umbulharjo, Siti Nurlaela, S.Pd. 
Ratusan anak-anak tersebut tampak antusias mengikuti kegiatan bermain dan berkreasi di sentra. Di pojok sentra konstruksi anak bisa bermain balok, lego dan plastisin sehingga mereka berkreasi menciptakan berbagai bentuk dari bahan-bahan tersebut. Di sudut lain tersedia sentra bahan alam, disini anak dapat bermain membuat apollo, berkreasi dengan stempel dari pelepah pisang dan menulis dengan kunyit. Beberapa anak juga terlihat asyik menikmati permainan microplay, ada yang sedang masak-masakan, dokter-dokteran dan bercerita di sentra bahasa atau main peran. Di sentra seni kreatifitas beberapa anak berkonsentrasi belajar meronce membuat kalung, gelang dan lain-lain.
Kegiatan Gebyar PAUD ini bertujuan memberikan wahana kreasi dan ekspresi pada anak usia dini selain itu juga memberikan gambaran kepada para pendidik yang ada di SPS RW untuk belajar tentang metode pembelajaran sentra secara sederhana. “Pada prinsipnya sentra-sentra yang ada di dalam acara Gebyar PAUD ini menjadikan anak aktif dalam berkreasi dan berekspresi” ujar Siti Nurlaela. 
Acara ini ditutup dengan pembagian puluhan doorprize dan hadiah menarik lainnya. Diharapkan dengan acara ini anak senang dan ayah dan ibupun senang.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer