Detail Berita
EVALUASI KESATUAN GERAK PKK KB – KES 2009 : KELURAHAN WIROGUNAN MAJU TINGKAT PROPINSI DIY
24-06-2010

Kelurahan Wirogunan maju ke tingkat Propinsi DIY dalam evaluasi kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tahun 2009. Sebelumnya Kelurahan Wirogunan terpilih sebagai lokasi KB-Kes terbaik tingkat Kota Yogyakarta. Tim Evaluasi yang dipimpin Ibu dr. Hj Siswatiningsih, SU dalam kunjungan penilaian ke Kelurahan Wirogunan, Senin (7/12) diterima Walikota Yogyakarta Herry Zudianto dan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Dyah Suminar, beserta jajaran muspika setempat serta warga masyarakat. “Gerakan PKK saat ini masih perlu ditingkatkan perannya agar lebih dapat memberdayakan keluarga dalam program KB dan pembangunan kesehatan nasional sebagai wawasan untuk membangun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas,” demikian Siswatiningsih dalam sambutannya.
“Evaluasi kali ini diperluas pada kegiatan Posyandu, lingkungan bersih dan sehat serta PHBS di tataran rumah tangga. Ini bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan,” tambahnya.
Walikota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan, banyak program PKK yang telah dilakukan dan berhasil memberi kemajuan bagi kaum perempuan. Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender sangat dibutuhkan untuk dapat menggali potensi perempuan yang masih belum maksimal. “Kalau diberi kesempatan, dorongan dan stimulant, potensi perempuan tak kalah dengan pria, jangan merasa perempuan selalu lebih lemah daripada pria,” ujar Walikota. 
Menurut Walikota, saat ini ada dua program unggulan terbaru dari PKK Kota Yogyakarta yang patut diapresiasi. Salah satunya adalah Rumah Pemulihan Gizi yang diharapkan akan mampu memberi pemahaman yang lebih baik tentang gizi balita. Gerakan ini luar biasa bagus dan pada akhirnya nanti akan sangat berkaitan dengan pendidikan yang baik bagi anak sekolah. Yang kedua adalah Taman Penitipan Anak di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Saya harap TPA ini bisa menjadi jawaban bagi ibu bekerja yang mempunyai anak balita. Ibu bisa bekerja lebih produktif dan tenang menitipkan anak balitanya di TPA. 
Terkait dengan evaluasi ini, Ibu Dyah mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi pemberdayaan kegiatan-kegiatan riil yang ada di masyarakat seperti posyandu, PAUD, lansia produktif, biro konsultasi masyarakat. Tema Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tahun 2009 ini adalah “Kita Tingkatkan Kinerja Kader Dalam Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Untuk Mencapai Keluarga Kecil Sehat Bahagia Sejahtera”. Adapun kegiatan yang dinilai adalah kesatuan gerak PKK KB-Kes dengan aspek bidang PKK, KB, Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan. Selain itu juga pelaksana posyandu, lingkungan bersih dan sehat serta pelaksana PHBS.(ism/mtz)

abi is agusbudi | Tanya Komputer