Detail Berita
E-GOVERNMENT AWARD 2009 : PEMKOT RAIH KATEGORI WEBSITE TERBAIK
24-06-2010

Kembali Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil meraih penghargaan tingkat nasional yaitu E-gov Award 2009 kategori Website Terbaik. Penganugerahan e-gov award dibuka Menkominfo RI, Tifatul Sembiring dan penyerahan penghargaan disampaikan Muh Ikhsan, Pimred Warta Ekonomi kepada Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, bertempat di Jakarta Convention Centre Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/12).
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring mengungkapkan, beberapa faktor percepatan pembangunan e-Government di Indonesia adalah kemajuan teknologi, peningkatan ekonomi rakyat, kecepatan adopsi masyarakat termasuk didalamnya adalah perangkat birokrasi pemerintah. Maka perlu kerja sama yang baik antara pemerintah, dunia swasta, perguruan tinggi dan masyarakat dalam membangun teknologi. Perkembangan teknologi informasi sangat terbantu dengan dibangunnya basis-basis teknologi komputer. Perkembangan dimulai dari pengolahan data yang berujung pada penyebaran informasi. Kebutuhan rakyat akan informasipun semakin besar dan informasi yang benarlah yang bermanfaat. 
Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, perubahan dan perbaikan selalu dilakukan pemkot dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Pengembangan website dilakukan terus menerus didukung penetrasi internet di masyarakat sudah begitu tinggi. "Konten yang terupdate secara rutin dan memuat informasi yang dibutuhkan masyarakat secara detil, selain didukung infrastruktur yang memadai juga dikelola SDM yang terkoordinir dalam suatu tim khusus. Proses pertukaran informasi dengan media IT yang disajikan bukan hanya satu arah tetapi telah terjadi hubungan dua arah dengan respon yang cepat", kata Haryadi. 
Sementara Kabag TIT Setda Kota Jogja, Drs. Sukadarisman, MSi, menambahkan, website pemkot bisa diakses melalui http://jogjakota.go.id dan terintegrasi dengan semua sistem informasi SKPD berfungsi melayani masyarakat. Seperti LPSE, UPIK, Perizinan dan yang terakhir digunakan untuk pendaftaran dan pengumuman CPNS 2009. "Kami merasa bersyukur atas penghargaan ini yang menambah panjang penghargaan yang diterima pemkot. Namun dibalik itu, kami tetap melakukan perbaikan dan pembaharuan mengikuti perkembangan IT", kata Sukadarisman. 
Warta Ekonomi e-Government Award merupakan penghargaan kepada lembaga pemerintah terbaik di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi informasi dalam fungsinya sebagai pelayan masyarakat. Kriteria penilaian adalah kualitas website, implementasi e-government dan infrastruktur pendukung. 
Penilaian dilakukan oleh 2 kelompok juri. Dewan juri infrastruktur e-Government adalah Budi Rahardjo (Pakar Security IT dari ITB), Chandra Yulistia (Pakar Audit Sistem Informasi), James Tomasow (Direktur Egov Institute) dan Michael Sunggiardi (Pakar Wireless dan Chief Tech Officer PT Marvel Network System). Dan dewan juri implementasi e-government terdiri Achmad Djunaidi (praktisi TI dan Dosen UGM), Richardus Eko Indrajit (Ketua Dewan Pengawas Internet Indonesia), Elisa Lumbantoruan (Executive Vice President Corporate Strategy & IT PT Garuda Indonesia) dan Tri Kuntoro Priyambodo (Pakar TI dan Dosen UGM).(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer