Detail Berita
6 KELOMPOK USAHA TERIMA BANTUAN KUBE
24-06-2010

Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan bantuan program KUBE FM (Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin) dan USEP KM (Usaha Ekonomi Produktif Keluarga Miskin) di wilayah Kelurahan Bener Tegalrejo, Selasa (08/12). Bantuan langsung pemberdayaan sosial ini diberikan untuk 6 kelompok di Kelurahan Bener masing-masing menerima 30 juta rupiah. Penyerahan bantuan dilakukan di rumah Ibu Atik Sukarno RW 02 Kelurahan Bener. Keenam kelompok penerima tersebut adalah Wiratama I, Wiratama II, Waru Mulyo I, Waru Mulyo Petinggen II, USEP KM Kelurahan Karangwaru, dan USEP KM Kelurahan Bener. 
Pada tahun 2009 ini Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh paket P2KM melalui BPLS dari Depsos RI untuk 46 kelompok KUBE FM dan USEP KM di 10 kecamatan se-Kota Yogyakarta. Total bantuan yang disalurkan sebesar 1.380.000.000 (satu milyar tiga ratus delapan puluh juta rupiah). 
Wawali berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat langsung kepada warga masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga menuju kesejahteraan. Dilandasi rasa kepedulian dan kearifan lokal program ini akan mampu mencegah dan mengatasi permasalahan sosial yang ada di wilayah. 
Program yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu ini dirasakan membawa manfaat langsung oleh keluarga miskin di perkotaan. Seperti dikatakan salah seorang warga Tegalrejo, Monda Saragih, “Warga disini telah mengembangkan dana yang diterima untuk kegiatan usaha sosial ekonomis produktif. Sejak sekitar sepuluh tahun berjalan, stimulan dana yang diberikan ini digunakan oleh warga untuk modal usaha, dan sangat dirasakan manfaatnya.”(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer