Detail Berita
RAIH INVESMENT AWARD 2009 : KOTA JOGJA TERBAIK BAGI PENANAMAN MODAL
24-06-2010

Investment Award 
 
Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil meraih Investment Award 2009 Peringkat I sebagai Kota Terbaik Bagi Penanaman Modal Tahun 2009 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Penyerahan penghargaan dan piagam disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekenomian RI, Hatta Rajasa kepada Walikota Jogja Herry Zudianto, bertempat di Gedung Auditorium BKPM Jl. Jend Gatot Subroto Kav 44 Jakarta.(9/12). Penghargaan bidang pelayanan penanaman modal tersebut diraih setelah dilakukan penelitian dan penilaian terhadap kinerja pemkot Jogja oleh BKPM bekerja sama dengan Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) yang memfokuskan terhadap pelaksanaan otonomi daerah terkait dengan ekonomi daerah dan iklim usaha. 
Walikota Jogja, Herry Zudianto mengataka, Invesment Award 2009 ini merupakan suatu evaluasi terhadap kinerja pelayanan pemkot dibidang perizinan dan kedepan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada para investor, pemkot Jogjakarta akan menggunakan standar pelayanan perizinan berdasarkan ISO 2010.
Kepala Dinas Perizinan, Heri Karyawan, mengatakan ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan meliputi : aspek kelembagaan kewenangan / urusan instansi pelayanan penanaman modal, aspek prosedur pelayanan, evaluasi kinerja pelayanan perizinan, aspek sistem informasi pelayanan perizinan dan penanaman modal, serta inovasi dan capaian pelayanan penanaman modal daerah. 
Terkait inovasi penanaman modal, lebih lanjut Heri menjelaskan, untuk lebih optimalisasi dan pengembangan potensi investasi yang lebih kondusif di Kota Jogja serta antisipasi krisis keuangan global yang terjadi pada akhir tahun 2008, Pemkot telah menerbitkan Perwal Nomor 03/2009 tentang Pemberian Insentif Terhadap Investasi Tahun 2009 di Kota Yogyakarta. Insentif diberikan bagi investor yang mendirikan usaha baru tahun 2009 antara lain retribusi IMBB, izin gangguan dan izin usaha kepariwisataan, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan. “Bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Jogja, pemkot berkomitmen untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan proses perizinan”, imbuh Heri.(ss)

abi is agusbudi | Tanya Komputer