Detail Berita
GERAKAN SAYANG IBU, KEC JETIS MAJU KE PROPINSI
04-02-2010

Kecamatan Jetis mewakili Kota Jogja maju ke tingkat Propinsi DIY penilaian akreditasi Gerakan Sayang Ibu (GSI). Tim penilai akreditasi yang dipimpin Dra Siti Munawarah, Apt.MKes melakukan kunjungan di Kelurahan Cokrodiningratan, diterima oleh Wakil Walikota Haryadi Suyuti beserta Ibu Tri Kirana Muslidatun, Sabtu (14/11). 
Wawali dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan pembangunan suatu bangsa tidak hanya diukur dari keberhasilan pembangunan fisiknya semata, tetapi juga ditentukan oleh keberhasilan pembangunan manusianya. Pemkot Yogyakarta memiliki kebijakan mewujudkan anak yang cerdas sejak dalam kandungan salah satunya dengan gerakan sayang ibu. GSI sudah dilaksanakan selama 13 tahun terbukti mampu memberi kontribusi yang besar dalam hal data, inovasi kegiatan, dan penumbuhan kesadaran masyarakat. Sehingga berbagai permasalahan ibu dan anak dapat tertangani dengan cepat dan tepat. 
Berdasar data Januari hingga September 2009 bahwa di Kota Jogja tercatat angka kematian ibu 4 dari 3939 persalinan. Angka kematian bayi 23 orang dan angka kematian balita 3 orang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup ibu dan anak dari tahun-tahun sebelumnya. 
Keberhasilan GSI di Kecamatan Jetis tidak terlepas dari kepedulian dan dukungan serta partisipasi masyarakat. Terutama dalam hal perangkat pendukung seperti posyandu GSI, mobil siaga dari warga, peta ibu hamil, tabungan ibu hamil, pendonor darah dan suami siaga.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer