Detail Berita
Pengurus Rt, Rw , Lpmk Dan Pkk Rw Peroleh Jaminan Kesehatan
19-10-2007

Pengurus RT, RW, LPMK dan PKK RW di Kota Yogyakarta periode 2005-2008 merupakan sasaran yang bakal memperoleh Jaminan Kesehatan Daerah. Jabatan Pengurus RT, RW, LPMK dan PKK RW memiliki unsur pengabdian besar pada masyarakat. Karena di wilayah kota Yogyakarta masyarakatnya heterogen merupakan beban yang tidak ringan. Keberadaan RT dan RW menjadikan komunikasi masyarakat dan pemerintah lebih terarah dan benar-benar menjadi mitra sejajar Pemerintah Kota Yogyakarta karena kapabilitas dan kredibilitasnya. Oleh karenanya Pemerintah Kota Yogyakarta sepatutnya memberi penghargaan kepada Pengurus (Ketua)  RT, RW, LPMK masing-masing satu orang sedangkan untuk Pengurus PKK RW dua orang, berupa Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dari dana APBD untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.

Bentuk jaminan kesehatan berupa pemberian bantuan biaya pelayanan kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap. Sedangkan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi Puskesmas, RS Pemerintah / RS TNI / RS POLRI / RS Swasta / RB dan BP Swasta, Dokter Umum / spesialis praktek swasta dan Laboratorium klinik serta Optikal

Dalam Jaminan Kesehatan Daerah ada beberapa pelayanan yang tidak ditanggung seperti Prothesa / alat bantu (kecuali kaca mata dan gigi), Pengobatan impotensi, Cuci darah, Kontrasepsi, Pengobatan alternatif dan General chek up

Catatan : Pelayanan kesehatan dapat dilakukan di RS di seluruh Indonesia, plafon/tarif pelayanan kesehatan bagi Pengurus RT, RW, LPMK dan Pengurus PKK RW  terlampir.

PROSEDUR PELAYANAN

  • Mendapatkan pelayanan di puskesmas Kota Yogyakarta dengan menunjukkan Kartu Jaminan Kesehatan Pengurus RT, RW, LPMK dan Pengurus PKK RW.
  • Pelayanan di luar puskesmas luar Kota Yogyakarta (RS Pemerintah dan Swasta, dokter praktek swasta dan puskesmas di luar Kota Yogyakarta), peserta membayar terlebih dahulu kemudian diklaimkan ke UPT PJKD.
  • Bagi Pengurus RT, RW, LPMK dan Pengurus PKK RW yang berstatus sebagai PNS, manfaatkan terlebih dahulu hak sebagai peserta Askes Sosial, jika ada iur biaya bisa diklaim ke UPT PJKD Kota Yogyakarta.

SYARAT PENGAJUAN KLAIM

Untuk Rawat Jalan :

  • Foto copy Kartu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Pengurus RT, RW , LPMK dan Pengurus PKK RW Kota Yogyakarta yang dilegalisir lurah setempat (1 lembar).
  • Kuitansi pembayaran asli dilengkapi foto copy resep atau kuitansi pembayaran asli yang sebaliknya dicantumkan obat-obat yang diberikan. Kuitansi pembayaran asli dicantumkan diagnosa penyakit.
  • Kuitansi pembayaran asli dicantumkan dokter spesialis atau dokter umum yang melakukan pemeriksaan.

Untuk Rawat Inap :

  • Foto copy Kartu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Pengurus RT, RW, LPMK dan Pengurus PKK Kota Yogyakarta yang dilegalisir lurah setempat (1 lembar).
  • Kuitansi tembusan asli dari RS dilengkapi perincian biaya.
  • Kuitansi pembayaran asli dari RS dicantumkan diagnosa penyakit.

Catatan: Klaim berlaku selama 1 bulan sejak tanggal pembayaran.

No

Jenis Pelayanan

Bantuan (Rp)

1

Konsultasi dokter umum/gigi + obat

50.000

2

Tindakan medis ringan (radioterapi : 6x pertahun)

100.000

3

Konsultasi dokter spesialis + obat

100.000

4

Tambal gigi & cabut gigi

50.000

5

Operasi ringan gigi & mulut

100.000

6

Akupunktur (10x pertahun), fisioterapi (10x pertahun), EEG, ECG, Rontgen sesuai indikasi medis/ surat pengantar dari dokter, USG kehamilan (max 4x)

50.000

Rawat Jalan Tingkat Lanjutan

Jenis pelayanan

Bantuan (Rp)

Biaya rujukan dari RJTP ke RSUD Kota / RS  Dr Sardjito/ RS Swasta (termasuk obat & bahan habis pakai/non DPHO/generik

Max 100.000

Kasus / tindakan yang ditangani oleh dokter sub spesialistik

Max 25 % besar klaim

Rawat darurat (UGD-RS)

No

Jenis Pelayanan

Bantuan (Rp)

1

Kasus gawat darurat

Max 100.000

2

Pembelian gips collar neck, corset vertebrae dan alat penyangga tubuh dengan indikasi medis

Max 100.000

Rawat inap

No

Jenis Pelayanan

Bantuan (Rp)

1

Biaya kamar & makan perhari

Bagi PNS, bila menggunakan fasilitas diluar haknya, kelebihan biaya tidak diganti.

50.000

2

ICU perhari max 30 hari

100.000

3

Aneka perawatan RS kasus bedah

Max 1.750.000

4

Aneka perawatan RS kasus non bedah (diluar penyakit saraf)

2.500.000

5

Aneka perawatan RS kasus neurologi

4.000.000

6

Paket persalinan normal. Cermati kuitansi PT Askes 

Max 1.000.000

7

Biaya dokter bedah untuk operasi :

a. Khusus / komplek

b. Besar / mayor

c. Sedang

d. Kecil / minor

 

4.700.000

2.750.000

1.600.000

900.000

8

Biaya anestsi untuk operasi

Khusus / komplek

Besar / mayor

c.  Sedang

d. Kecil / minor

 

1.900.000

1.100.000

650.000

400.000

9

Biaya kamar bedah utuk operasi:

Khusus / komplek

Besar / mayor

 c.  Sedang

d.  Kecil / minor

 

1.900.000

1.100.000

650.000

400.000

10

Kunjungan dokter RS ke pasien perhari/visite (max 90 hari perawatan)

25.000

11

Biaya ambulance per perawatan

30.000

12

Biaya operasi tanpa rawat inap, dirawat >6 jam, kasus non bedah dirawat di UGD, one day care, khemoterapi.

Penting : tunjukkan kartu Askesnya dulu

1.000.000

13

Santunan kematian (selain bunuh diri)

1.500.000

Ket. Aneka biaya RS adalah biaya yang dikeluarkan karena pemakaian segala fasilitas, obat dan bahan habis pakai non DPHO / generik yang dibutuhkan selama perawatan di RS.

Pemeriksaan Penunjang Diagnostik

No

Jenis Pelayanan

Bantuan (Rp)

1

Pemeriksaan lab rutin

50.000

2

Pemeriksaan lab kimia

100.000

3

Pemeriksaan penunjang diagnostik canggih, termasuk MRI & scanning, USG (USG kehamilan 4 x) dengan indikasi medis / dengan surat pengantar dari dokter

200.000

Bantuan Alat/ Prothesa

No

Jenis Pelayanan

Bantuan (Rp)

1

Kaca mata dengan resep dokter spesialis mata max 1x pertahun

50.000

2

Prothesa gigi (max 1x pertahun) :

1-3 gigi

b.   > 3 gigi

Usahakan penggantian ke PT Askes dulu

 

100.000

250.000

 

UNIT PENGADUAN MASALAH

Masyarakat penerima pelayanan , pemerhati dan petugas layanan dapat menyampaikan pengaduan, saran dan informasi kepada :

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Jl Prof Dr Sardjito No.5 Yogyakarta

Telp/fax : (0274) 515868-515869

Atau langsung ke :

UPT PJKD

Jl. Kenari No 56, Komplek Balaikota Timoho

(0274)515865-515866 pswt 251

Ka UPT PJKD Hp : 081 642 681 40, Flexi : 7838425

abi is agusbudi | Tanya Komputer