Detail Berita
UBI JALAR UNGU DISULAP JADI ES KRIM
04-02-2010

Kelompok Wanita Tani (KWT) Amarilis Kelurahan Pringgokusuman Kec. Gedongtengen keluar sebagai juara I kontes olahan ikan yang diselenggarakan Dinas Perindagkoptan Kota Yogyakarta belum lama ini (17/10). Kontes yang diselenggarakan di Pasar Ikan Higienis Giwangan Umbulharjo ini, KWT Amarilis menampilkan produk ubi ungu dicampur labu kuning dan singkong dengan isi ikan lele dan bunga kecombrang, berhasil mengungguli 20 peserta dari 14 kecamatan se-kota. Sedangkan juara II dan III diraih KWT Kenanga dari Panembahan dan KWT Purwo Tani dari Purwokinanti. 
Ir Sri Harnanik selaku ketua panitia menjelaskan, pameran dan kontes ini diadakan untuk menyemarakkan HUT Kota Yogyakarta, yang menitikberatkan produk olahan non beras dan ikan. “Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat mengonsumsi makanan non beras dan ikan. Seperti ubi kalau diolah dengan baik dan dipadukan rasa, warna dan penampilan pasti akan diminati banyak orang. Untuk diketahui kandungan gizi makanan non beras seperti ubi juga sangat banyak,” ujar Nanik. Untuk minat makan ikan, Harnanik mengatakan khususnya di Kota Yogyakarta masyarakat mengkonsumsi ikan mulai meningkat. Hal ini diketahui adanya peningkatan penjualan ikan di pasar-pasar, baik di pasar tradisional maupun moderen,” terangnya. 
Lebih lanjut dijelaskan, sekarang ini produk olahan dari bahan dasar ikan dan non beras telah mengalami kemajuan dalam bentuk, rasa dan warna sehingga menarik konsumen untuk menikmati. Sebagaimana dituturkan ibu Pujiastuti, pensiunan PNS yang bergabung dalam KWT Alamanda kelurahan Keparakan. ”Dari tangan ibu-ibu ini ubi jalar yang biasa hanya dimasak begitu saja, disulap menjadi es krim yang lezat dan enak rasanya. KWT Alamanda juga mengolah sawut menjadi kue tart yang enak”, jelasnya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer