Detail Berita
PERUPA SD LEMPUYANG I PAMERKAN KARYA SENI
04-02-2010

Kreatifitas yang ditampilkan siswa SD Lempuyang I boleh dikata luar biasa. Pasalnya beberapa prestasi telah diraihnya seperti bidang seni lukis. Baru-baru ini SD Lempuyang I mengadakan pameran di Jogja National Museum jalan Amri Yahya 1 Gampingan Yogyakarta. Pameran dibuka Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berlangsung Minggu (22/11) hingga 22 November 2009 menampilkan 62 karya lukis siswa SD Lempuyangan I.
 Haryadi mengatakan, berkarya seni tidak hanya melalui gerak fisik, seperti nyanyi, menari, namun bisa juga menampilkan karya seni seperti seni lukis. “Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada anak-anak yang telah memamerkan karyanya. Ini merupakan terobosan baru untuk anak-anak tingkat SD dan ini termasuk sesuatu yang langka. Sebab selama ini yang ditampilkan anak-anak cenderung ke seni gerak, dan pameran lukisan dari perupa yang telah mempunyai nama. Jadi hal ini luar biasa,” papar Haryadi. Kegiatan seperti ini hendaknya dapat dicontoh sekolahan lain, tambah Wawali.
 Pameran lukisan bertajuk Refleksi Warna ini dibawah arahan guru seni rupa Petro Benny Suharso, SSn, menampilkan perupa dari Hongaria, Perancis dan Indonesia. Menurut Petro Benny, pameran refleksi warna kali ini lebih mengangkat karya lukis anak-anak, agar antara pemula dan senior tidak ada batas. Selain itu juga untuk memberikan nuasa baru bagi anak-anak, karena selama ini karya mereka hanya ditampilkan dilorong-lorong ruang sekolah dan pameran yang sifatnya seremonial. “Pameran refleksi warna ini selain menjadi media pembelajaran anak-anak, juga untuk menangkal kejenuhan, serta membuat mereka bangga. Karya mereka dapat ditampilkan di tempat pameran yang sesungguhnya,” katanya.
 

abi is agusbudi | Tanya Komputer