Detail Berita
350 JUTA UNTUK TKA TPA
04-02-2010

Pemerintah Kota Yogyakarta mengucurkan bantuan senilai 350 juta rupiah untuk 350 TPA/TKA se-Kota Yogyakarta, masing-masing menerima 1 juta rupiah. Bantuan juga diberikan kepada 14 Badko TKA TPA tingkat kecamatan sebesar 21 juta rupiah sehingga masing-masing menerima 1,5 juta rupiah. Sedangkan Badko tingkat kota juga diberikan dana bantuan sebesar 10 juta rupiah. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Sekda Drs Rapingun di Masjid Diponegoro komplek Balaikota, Sabtu (17/10).
Selain itu bantuan juga diberikan kepada para ustadz dan ustadzah TKA TPA sebesar Rp. 394.500.000,- kepada 2030 orang, sehingga masing-masing menerima sebesar 150 ribu rupiah, semua bantuan diterimakan 25 Oktober 2009. 
Muhsonef ketua Badko TKA TPA Kota Yogyakarta berharap, dana bantuan yang diberikan ini akan dapat dimanfaatkan untuk mencerdaskan dan membimbing anak-anak generasi Qur’ani di Kota Yogyakarta yang saat ini jumlahnya tercatat hingga 17 ribu anak santriwan santriwati. “Harapan saya pengembangan TKA TPA di Kota Yogyakarta akan dapat lebih optimal lagi dengan adanya perhatian khusus dari Pemkot Yogyakarta,” ujarnya. Menurut Muhsonef, dana ini akan dimanfaatkan untuk peningkatakan SDM ustadz dan ustadzah, pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran, serta mendukung kegiatan administrasi agar lebih tertib. 
Saat ini Badko TKA TPA Kota Yogyakarta merupakan satu-satunya di DIY yang telah melakukan penilaian akreditasi. Akreditasi ini bertujuan untuk memilih TKA TPA percontohan pada masing-masing kecamatan. Sebanyak 15 unit TKA TPA telah diakreditasi dengan hasil 7 unit tergolong tipe A dan 8 unit tergolong tipe B. Indikator penilaian akreditasi ini dilihat dari segi proses pembelajaran, sistem pengelolaan, dan administrasi keuangan.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer