Detail Berita
Koperasi Berprestasi Dapat Bantuan Sosial
04-02-2010

Pemkot Yogyakarta memberikan bantuan sosial bagi 5 koperasi yang telah berprestasi. Penerima bantuan pada tahun 2009 adalah KSP Mandiri, Koperasi Pelita, Koperasi Batik Mataram, Koppas Beringharjo dan Koperasi Amanah. Bansos diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Haryadi Suyuti di ruang utama bawah Balaikota belum lama ini (23/11). 
Drs. Sunarto, Kabid Koperasi Disperindagkoptan Kota Jogja mengungkapkan bahwa bansos ini diberikan untuk memotivasi kepada pengurus dan anggota koperasi agar lebih eksis dalam melakukan kegiatan memperkuat perekonomian anggotanya. Koperasi penerima bantuan merupakan hasil penilaian dan seleksi terhadap 546 koperasi yang ada di Kota Yogyakarta. 
Dalam sambutannya Wawali Haryadi Suyuti berpesan, bagi koperasi yang prestasi agar terus dapat dipertahankan kinerjanya, bahkan keberhasilan itu dapat ditularkan pada koperasi yang lain. "Koperasi terpilih diharapkan dapat menjadi nara sumber menceritakan kisah sukses dan bertukar pengalaman. Dan nantinya semua koperasi menjadi lebih bagus, karena niat ketika mendirikan sebuah koperasi adalah baik", kata Haryadi Suyuti yang dilanjutkan menyerahkan bantuan tunai sebesar 2 juta rupiah kepada setiap ketua koperasi pemenang. 
Diceritakan Ketua KSP Mandiri, Ibu Asminah, saat berdirinya koperasi simpan pinjam delapan tahun lalu hanyalah kegiatan dasawisma. Karena ketekunan anggotanya, modal awal hanya 6 juta sekarang telah berkembang dan memliki total aset sebesar 1,9 milyar. ”Ketika itu niat kami adalah ngibadah menghalau rentenir yang sangat merugikan warganya”, tutur ketua KSP Mandiri yang sekarang memiliki anggota sejumlah 900 nasabah.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer