Detail Berita
Danurejan Gelar Karnaval Nasionalisme dan Lingkungan 2009
04-02-2010

Meriah lomba karnaval bertajuk Nasionalisme dan Lingkungan 2009 yang diselenggarakan Kec. Danurejan. Peserta karnaval dilepas Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, start depan kantor Kecamatan Danurejan, Minggu (15/11). Kegiatan ini untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ke 81 dan Hari Pahlawan 2009. Serta sebagai upaya membangun kesadaran dan peran aktif masyarakat menyelamatkan lingkungan. 

Peserta karnaval mencapai 2000 orang yang terbagi menjadi 53 kelompok. Mereka dari perwakilan RW, Ormas, Komunitas Lingkungan dan Sekolah. Peserta karnaval antara lain kelompok drumband, andong hias, becak hias, sepeda hias dan tarian tradisional. Menempuh jarak sejauh 3 km dengan start halaman Kecamatan Danurejan, Jl Hayam Wuruk, Jl Bausasran, Jl Dr Soetomo, Stasiun Lempuyangan, Jl Abu Bakar Ali, Jl Mataram, Jl Juminahan, Jl Hayam Wuruk dan kembali lagi ke Kecamatan Danurejan.
Dalam sambutannya, Haryadi Suyuti, menyampaikan apresiasi dan kegembiraannya atas partisipasi masyarakat banyaknya peserta yang mengikuti karnaval. Hal ini membuktikan telah ada sinergi masyarakat dengan pemerintah kota dalam usaha kebersihan dan penghijauan, sekaligus rasa kebangsaan yang tinggi. "Para peserta juga harus bangga dengan hasil karya seni yang telah ditampilkan kelompoknya, karena yakin dapat menghibur masyarakat yang dilewati" demikian ungkap Haryadi Suyuti saat mengibarkan bendera start. 
Camat Danurejan, Wiryawan Haryo Yudo, mengatakan bahwa lomba karnaval ini diharapkan mampu menjadi media kampanye penyadaran masyarakat terhadap semangat guyub rukun saiyeg saika kapti sekaligus mewadahi kreativitas seni dan budaya sebagai bagian dari event pariwisata di walayah Danurejan. Peduli lingkungan perlu ditingkatkan apalagi pada keadaan bumi ini yang semakin tua untuk antisipasi pemanasan global dan menghindari banjir, katanya.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer