Detail Berita
Jogja Wall Nation Pecahkan Rekor MURI
04-02-2010

Jogja kembali tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan goresan tangan terbanyak dan terpanjang sejauh 2 km. Pasalnya tak kurang 2100 muralis berkarya bersama dalam Jogja Wall Nation (JWN) di Jalan Malioboro. Karya mural yang mereka ekspresikan tertuang pada lembaran triplek sepanjang 1.926 meter dan terpajang di sepanjang Jalan Malioboro selama 10 hari. Penganugerahan rekor MURI dilaksanakan bersamaan seremonial penutupan sekaligus pengumuman pemenang JWN di Alun-alun Utara pada Minggu(15/11). Rekor MURI diberikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta, Kodim 0734 dan Sieben Production selaku even organizer.
JWN sebagai ajang lomba mural mengedepankan tema ”Spirit of Pangsar Jendral Soedirman” yang berlangsungkan pada 15 - 16 November 2009. Diungkapkan Komandan Kodim 0734/Yka, Letkol Inf Arudji Anwar, SH, bahwa salah satu yang mendasari dilaksanakannya JWN adanya corat-coret yang tidak pada tempatnya yang harus disikapi dengan lebih bijaksana. Melalui acara ini, diharapkan bakat-bakat dan potensi kreatif anak muda di Jogja dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat sebagai sebuah karya seni. JWN ini buah kerjasama antara Pemkot Yogyakarta, Kodim 0734/Yka dan DPRD Kota Yogyakarta dan secara khusus seni mural melibatkan berbagai elemen masyarakat terutama kalangan generasi muda.
Sementara Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto sangat mengapresiasi seni mural dan berharap semangat dan jiwa nasionalisme sebagaimana tema JWN selalu terpatri tidak pernah lengkang dimakan jaman. "Generasi muda dan seniman jangan takut terus berkreasi dan berkarya nyata untuk Jogja. Banyaknya mural yang tercipta dapat menjadikan Yogyakarta mulai dikenal sebagai kota mural. Mari kita agendakan kompetisi mural menjadi event tahunan", demikian ajak Herry Zudianto.
Sebagai pemenang kompetisi mural JWN 2009 sebagai berikut : kategori Pelajar (15 - 18 tahun) juara I Muhammad Faqih Alvian (No 203) dari Koramil 07/Umbulharjo, juara II Oka Rendi Mahendra (No 365) dari Koramil 12/Gondomanan dan juara III Widyastama R (No 370) dari Koramil 12/Gondomanan. Untuk kategori Umum (18 tahun ke atas) juara I Widya Paramasutra (No 330) dari Koramil 10/Wirobrajan, juara II Doni Hartono (No 208) dari Koramil 07/Umbulharjo dan Juara III Ihsan Dharma Saputra (No 397) dari Koramil 12/Gondomanan. Pemenang berhak mendapatkan piala, piagam dan uang tunai total sejumlah 21 juta rupiah.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer