Detail Berita
OPERASI GABUNGAN PEMKOT JOGJA PERIKSA 1155 PENUMPANG KERETA API
01-02-2010

Operasi yang dilakukan oleh Tim Gabungan Pemkot Jogja berhasil memeriksa sejumlah 1.155 pemudik yang menggunakan angkutan kereta api. Titik operasi di stasiun Lempuyangan itu dilakukan untuk mengetahui identitas diri penumpang KA dari Jakarta dan KA Pramek, dimulai sekitar pukul 03.00 – 08.00 WIB belum lama ini (14/9). 
Tim gabungan menerjunkan 121 personil terdiri dari unsur Dinas Ketertiban, Poltabes, Kodim, Satpol PP Propinsi, Dinas Dukcapil, aparat Kecamatan dan petugas Stasiun Lempuyangan. Dari 1.155 orang antara lain kedapatan 114 orang tidak membawa kartu tanda penduduk (KTP) tapi bisa menunjukkan kartu identitas lain, 26 orang sama sekali tidak membawa kartu indentitas. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dintib Kota Jogja, Nur Widi selaku perwira pengendali kegiatan.
Lebih lanjut dikatakan, dalam operasi ini bagi penumpang kereta api yang kedapatan tidak membawa KTP/surat keterangan tinggal sementara (SKTS) atau habis masa berlakunya, diminta menandatangani surat pernyataan kesanggupan mengurus administrasi kependudukan. Sedangkan yang tidak membawa identitas sama sekali dilakukan identifikasi lebih lanjut oleh aparat kepolisian yang dibantu oleh petugas pendukung, tutur Widi.
Sementara Kasi Operasional Dinas Ketertiban, Bayu Laksono menambahkan, temuan lain operasi ini ada penumpang yang membawa senjata tajam berupa parang, yang menurut pengakuan hanya sebagai oleh-oleh. ”Senjata tajam ini disita aparat keamanan dan penumpang dilepas setelah dapat menunjukan bukti diri”, katanya. Operasi yang sama juga kami lakukan di Stasiun Tugu dan di Terminal Penumpang Giwangan.
Terpisah, Kepada Dinas Ketertiban Kota Jogja, Wahyu Widayat mengatakan, operasi penertiban identitas ini dilakukan untuk tertib administrasi kepedudukan. Disamping itu juga bertujuan untuk mengantisipasi masuknya orang yang tidak dikenal dan membahayakan keamanan. Apalagi isu teroris masih menjadi ancaman.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer