Detail Berita
JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH : BAGI PEMEGANG KMS DAN ANAK PANTI ASUHAN SWASTA
01-02-2010

Jaminan pendidikan merupakan regulasi memiliki peran strategis dalam mengatasi permasalahan pendidikan sekaligus menuntaskan wajib belajar 12 tahun di Kota Yogyakarta. Untuk memperluas akses pendidikan bagi penduduk miskin, Pemkot Yogyakarta membuat kebijakan pemberian bantuan sosial Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) bagi pemegang KMS dan pemberian beasiswa kepada peserta didik di Panti Asuhan swasta.
Tahun 2009 ini Pemkot Yogyakarta menyediakan anggaran sebesar Rp. 13.093.520.000,- (tiga belas milyar sembilan puluh tiga juta lima ratus dua puluh ribu rupiah). Dana sebesar itu akan diberikan kepada 15.696 (lima belas ribu enam ratus sembilan puluh enam) siswa miskin jenjang TK hingga SMA/K, yang terdiri dari 15.365 siswa pemegang KMS dan 331 siswa di panti asuhan. 
Beasiswa JPD diperuntukkan bagi peserta didik penduduk kota yang sekolah di kota atau di luar kota dalam Propinsi DIY dari keluarga menuju sejahtera (anak kandung, anak angkat, anak tiri) yang terdaftar dalam KMS yang dimiliki orangtuanya. Selain itu juga diberikan kepada peserta didik penghuni panti asuhan swasta di kota dalam propinsi DIY yang pengajuannya direkomendasi oleh Dinkesostrans Kota Yogyakarta. Komponen pemberian beasiswa JPD ini meliputi biaya operasional, pembelian seragam dan buku, serta biaya praktek bagi peserta didik yang bersekolah di SMK.
Peserta didik yang berhak mengajukan JPD adalah peserta didik yang memiliki KMS, terdaftar sebagai anggota keluarga dalam kartu keluarga/C1 pemegang KMS, akta kelahiran atau akta pengangkatan anak, akta perkawinan atau surat nikah orangtua. Bagi siswa yang sekolah di kota, berkas permohonan seperti tersebut diatas difotocopi 2 lembar dilegalisir lurah setempat dan diserahkan kepada sekolah masing-masing. Sedangkan bagi siswa yang sekolah di luar kota berkas disertai surat keterangan dari sekolah, diserahkan ke UPT JPD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Jl Hayam Wuruk 11 telp. (0274) 512956, 544521.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer