Detail Berita
KOLOM WALIKOTA : AYO BERJIHAD TERHADAP LINGKUNGAN
01-02-2010

Jihad atau berjuang di jalan Allah seringkali dimaknai orang sebagai tindakan peperangan. Sehingga banyak orang sering terjebak dengan kata jihad tersebut. Padahal arti kata jihad itu sebenarnya cukup luas. Justru jihad yang tidak kalah penting adalah jihad melawan hawa nafsu sendiri bagaimana diri kita bisa lebih bermanfaat dan berguna bagi agama dan lingkungan.
Ditengah pemanasan global yang semakin mengerikan saat ini, jihad terpenting bagi kita adalah jihad terhadap kebersihan dan lingkungan. Jihad lingkungan yang harus kita lakukan pertama kali adalah menanamkan nilai kebersihan agar menjadi budaya, dan memiliki rasa malu jika membuang sampah sembarangan. Lebih dari itu juga jihad membuat biopori. Membuat biopori jelas sangat penting bagi anak cucu kita, sebab biopori dapat mencegah banjir ketika musim penghujan dan menyimpan air ketika musim kemarau.
Kebersihan diajarkan dalam agama, bahkan disebut bahwa kebersihan sebagian dari iman. Karena itu yang bersih hendaknya semuanya, bukan hanya hatinya tetapi juga tempat ibadah dan lingkungannya.
Target Pemkot Yogyakarta dalam tiga tahun ke depan adalah 40 persen sampah rumah tangga dapat didaur ulang secara mandiri sehingga akan mengurangi volume sampah yang harus dibuang dari kota, mempertahankan Kota Jogja menjadi kota yang hijau serta mengurangi polusi dengan kendaraan sepeda. Karenanya saya berharap seluruh anggota rumah tangga dapat memperlakukan sampah sebagaimana mestinya, memilah mana yang dapat didaur ulang dan mana yang harus dibuang serta meletakkan sampah pada tempatnya.
Saya mengajak seluruh masyarakat Yogyakarta untuk tetap menjaga lingkungan kita agar tetap hijau dan menjaga bumi ini dari kerusakan karena juga merupakan tempat tinggal anak cucu kita. Kasihan anak cucu jika saat ini justru mewariskan kepada mereka lingkungan yang rusak.
Kebiasaan yang bebas polusi dan menyehatkan seyogyanya ditanamkan pada anak cucu kita sedini mungkin yaitu kebiasaan bersepeda. Pelajar naik sepeda adalah pelajar yang tahu menghargai bumi, ia menyadari adanya nilai kesehatan dalam bersepeda, hemat, penuh perjuangan dalam mencapai tujuan, tidak menimbulkan polusi dan terjangkau. Saya berharap masyarakat Yogyakarta merupakan masyarakat yang sadar akan pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan sedini mungkin. Salam HZ.(ss)

abi is agusbudi | Tanya Komputer