Detail Berita
PROFIL QT
10-11-2009

Horeee..!! Tidak sia sia perjuangan anak, masyarakat dan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memasyarakatkan hak hak anak selama ini. Kenapa?? Karena tahun ini Kota Yogyakarta mendapat dua penghargaan sekaligus. Pertama, Kota Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Layak Anak 2009 dan salah satu teman kita Aan Fajar Lestari sukses meraih Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2009. 23 Juli 2009, tepat ketika puncak perayaan Hari Anak Nasional, Aan Fajar Lestari menerima Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia dari Presiden Republik Indonesia di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Bersamaan dengan moment itu, Wali Kota Yogyakarta Bapak Herry Zudianto juga menerima Penghargaan Yogyakarta Kota Layak Anak 2009.
Apa itu Pemimpin Muda Indonesia? Adalah suatu apresiasi yang diberikan kepada anak anak Indonesia yang telah aktif memasyarakatkan hak hak anak. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, UNICEF dan beberapa lembaga yang bergerak di bidang anak. Setiap tahunnya, dipilih tiga anak bangsa yang dinobatkan sebagai Pemimpin Muda Indonesia. Nah, tahun ini Aan beserta Andi Ferdian dari Nusa Tenggara Barat dan I Gede Wahyu Adi Raditya dari Bali yang sukses menerima penghargaan tersebut.
Aan Fajar Lestari, anak pertama dari dua bersaudara. Putri dari Ayah Muhammad Untung dan Ibu Suparmi. Lahir di Gunungkidul, 20 September 1992. Setelah lulus dari SMP Negeri 15 Yogyakarta tiga tahun lalu, kini Aan duduk di bangku kelas tiga SMA Negeri 5 Yogyakarta. Kegemarannya adalah menulis dan cita citanya menjadi penulis. Klop banget dah pokoknya..!
Aan selain sebagai Ketua I Forum Anak Kota Yogyakarta juga aktif di Forum Anak Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah pengalamannya menjadi Duta Kongres Anak Nasional SOS Desa Taruna Indonesia, Aan kerap memasyarakatkan hak hak anak lewat berbagai event, menulis di berbagai media massa atau siaran di berbagai radio. Selain itu, keaktifannya di banyak organisasi seperti remaja masjid, karang taruna, OSIS, Wartawan Cilik dan lainnya menjadi bekal nilai dalam seleksi Penerima Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia. 
Sebelumnya, Aan pun menerima Penghargaan Pelajar Perempuan Sang Inspirator dari GKR Hemas pada Perayaan Peringatan Hari Ibu 2008 lalu. Di rumahnya yang beralamat di Desa Karangturi RT 07/14 Baturetno Banguntapan Bantul, Aan mendirikan sebuah sanggar bermain dan belajar anak yang dinamakan CANAU LESTARI sejak pasca gempa 27 Mei 2006 lalu. CANAU adalah singkatan dari Cakruk (gubug) dan Sinau (belajar) yang artinya tempat kecil, sederhana namun bermanfaat untuk belajar. Dan LESTARI adalah sebuah harapan sekaligus petikan dari nama belakangnya agar sanggar itu bisa terus lestari.
Kegigihan Aan dalam memperjuangkan hak hak anak Indonesia, patut untuk ditiru dan dilanjutkan oleh kita, anak anak Indonesia. Dari anak, oleh anak dan untuk anak Indonesia. Sekelumit perjalanan dari seorang putri bangsa ini, layaknya dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk dapat menjadi insan yang lebih baik, demi keadaan Indonesia yang lebih baik pula. Setuju..??!! Nah, buat panjenengan yang berminat menjadi Pemimpin Muda Indonesia 2010 mulai persiapan dari sekarang. Sering main ke base came FAKTA, di Balaikota dan kita share bareng tentang segala hal. Ikut harumkan nama Yogyakarta..!! We wait U! ^_^.

abi is agusbudi | Tanya Komputer