Detail Berita
WALIKOTA AJAK JAMAAH BERJIHAD
10-11-2009

Dalam acara safari tarawih pemkot ke Masjid Al Muhsinin, Rejowinangun Kotagede, Senin (24/8) Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto mengajak umat islam untuk berjihad. Ajakan tersebut dimaksudkan untuk berjihad terhadap nilai kebersihan dan membuat biopori. Dikatakan, jihad yang pertama adalah menanamkan nilai kebersihan agar menjadi budaya, seperti membuang sampah sembarangan punya rasa malu. Dan Jihad yang tidak kalah pentingnya adalah membuat biopori, hal ini juga bermanfaat bagi anak cucu. Biopori ini dapat mencegah banjir pada saat musim penghujan dan menyimpan air saat musim kemarau.
 “Dalam ajaran agama islam, kebersihan adalah sebagian dari iman. Sehingga yang bersih semuanya, ya hatinya, tempat ibadahnya dan lingkungannya. Sementara biopori yang digalakkan dapat mencegah banjir pada saat musim penghujan dan menyimpan air saat musim kemarau. Jika dua hal ini apabila dapat dilaksanakan dan dapat jadi maslahat, juga merupakan bentuk jihad,” papar Herry. 
Lebih jauh Herry menambahkan, masjid hendaknya dijadikan penguat habluminallah dan habluminanas. Apabila dua pilar ini dapat dijadikan pedoman niscaya beribadah akan lebih bermanfaat. Disamping itu, masjid hendaknya juga dapat dijadikan tempat untuk membicarakan masalah sosial, lingkungan, maupun ekonomi. Kepada para jama’ah Herry mengajak untuk merapatkan barisan, saling bahu membahu dan mengingatkan, nyengkuyung kemaslahatan di dunia maupun akhirat. Karena saat ini bangsa Indonesia membutuhkan jamaah yang kebersamaan, mengedepankan “kita bukan aku”. Pada safari ramadhan kali ini pemkot menyerahkan bantuan berupa buku-buku agama, perangkat alat sholat serta uang tunai. Disamping itu secara pribadi Herry Zudianto memberikan wireless untuk masjid Al-Muhsinin. 
Pada waktu bersamaan juga dilaksanakan safari tarawih oleh Wakil Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti beserta rombongan ke masjid Al Amien, Gowongan. Dalam safari tarawih ini Wawali menyampaikan bahwa umat patut bersyukur menyambut bulan ramadhan. “Sebagaimana pada hadiz tertulis, orang yang gembira menyambut bulan ramadhan akan dijauhkan dari api neraka. Oleh sebab itu kita patut bersyukur menyambutnya” kata H. Haryadi Suyuti. Dalam kesempatan ini pula, pemkot menyerahkan bantuan uang tunai, mukena, Al quran tarjamah dan buku-buku perpustakaan ke takmir masjid Al Amien, yang diterima ketua takmir Ir Nugroho Swasto.

abi is agusbudi | Tanya Komputer