Detail Berita
PABRIK “SUSU” HADIR DI TAMAN PINTAR
10-11-2009

Sebagian orang mungkin sudah mengenal produk susu pertumbuhan seperti SGM-3 dan SGM-4. Tapi pernahkah tahu bagaimana pembuatannya ? Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat luas terutama anak-anak, PT Sari Husada membuka sebuah wahana edukasi industri pengolahan susu yang diberi nama Mini Pabrik atau Mini Plant, yang menempati Gedung Kotak Lantai II Taman Pintar Yogyakarta. 
Mini Pabrik berukuran 5,8 x 8,5 meter persegi belum lama ini (15/08) diresmikan Walikota Jogja Herry Zudianto, disini pengunjung dapat melihat secara langsung tahapan-tahapan pengolahan susu formula, mulai dari tahap pemerahan susu hingga produk jadi dan siap didistribusikan. Mini Pabrik Sari Husada menyediakan alat peraga berupa replika sapi perah dan replika mini pabrik. Hal itu bertujuan memberi pembelajaran bagi anak-anak tentang proses pemerahan susu sapi sebagai bahan baku utama pembuatan susu formula. Sedangkan replika mini pabrik bertujuan memberikan pembelajaran tentang proses produksi pada industri pengolahan susu. 
Disamping itu, dalam mini pabrik ini pengunjung diajak melihat gambaran PRESINUTRI SGM (Pusat Riset Inovasi Nutrisi ) yang terdiri Miniatur Pusat Riset dan Pengembangan, disini terlihat simulasi tahapan riset pembuatan susu pertumbuhan dengan formulasi nutrisi tepat, termasuk penambahan rasa dan aroma. Ada juga simulasi tahapan uji coba, dimana produk di tes oleh masyarakat umum tentang cita rasa produk. Dilanjutkan dengan simulasi uji klinis untuk mengetahui kualitas, keamanan dan ketepatan nutrisi yang dibutuhkan. Di dalam mini pabrik ini juga ada miniature laboratorium kimia, fisika, mikrobiologi pathogen dan nonpatogen serta miniature peralatan canggih lainnya. 
Presiden Direktur PT Sari Husada, Budi Isman mengatakan, sebagai perusahan nutrisi yang senantiasa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak bangsa selama 55 tahun, maka kami ingin mengenalkan kecanggihan proses pengolahan susu pertumbuhan kepada masyarakat. Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta menghadirkan wahana pendidikan dan hiburan terbaru di Taman Pintar. ”Wahana ini merupakan satu-satunya yang dibuat PT Sari Husada dan tidak ada di tempat lain di Indonesia”, ungkap Budi.
Sementara itu Walikota Yogyakarta Herry Zudianto menyampaikan rasa terimakasih karena sejak awal PT Sari Husada mendukung penuh pendirian Taman Pintar. Berkaitan dengan hadirnya mini pabrik, Herry berharap agar masyarakat dan khususnya anak-anak mendapatkan pengetahuan baru serta gambaran mengenai proses pengolahan susu yang berkualitas. ”Apa yang didapat anak di sekolah dalam berbagai mata pelajaran seperti IPA, Kimia dan Fisika dapat diaplikasikan dalam wahana ini. Melalui wahana ini anak akan dapat mempelajari secara aplikatif proses kimiawi yang disebut dengan sterilisasi ataupun pasterurisasi,” ujar Herry.@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer