Detail Berita
PNS PEMKOT GUNAKAN BAHASA JAWA
10-11-2009

Arus globalisasi yang sulit dibatasi dikhawatirkan akan menggoyahkan eksistensi budaya daerah, salah satunya adalah penggunaan bahasa jawa. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui instruksi Walikota nomor 01 tahun 2009, tentang Penggunaan Bahasa Jawa Pada Hari Tertentu Di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Sejak tanggal 14 Agustus 2009 telah menetapkan hari Sabtu sebagai hari berbahasa jawa di lingkungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD)/unit kerja masing-masing pada jam kerja. Hal ini selaras dengan Instruksi Gubernur DIY yang telah lebih dahulu memberlakukan penggunaan bahasa jawa pada hari sabtu di lingkungan pns pemprop DIY.
Instruksi Walikota Yogyakarta tersebut diberlakukan pada saat rapat, percakapan melalui telepon dan percakapan sehari-hari. Untuk itu setiap kepala SKPD/unit kerja ikut bertanggungjawab memantau pelaksanaan instruksi Walikota tersebut. Dan untuk kelancaran pelaksanaannya pemkot akan melakukan pembinaan penggunaan bahasa jawa kepada setiap pegawainya.
“Upaya pemprop DIY dan pemkot ini nguri-uri budaya lokal patut mendapat apresiasi karena sebagai salah satu upaya mencegah semakin tergerusnya nilai kearifan lokal di tengah gempuran budaya populer yang masuk melalui perkembangan teknologi komunikasi”, kata Kabag Humas, Herman Edy Sulistio.(ran)

abi is agusbudi | Tanya Komputer