Detail Berita
LPMK TERBAN LAKUKAN LOKAKARYA
10-11-2009

LPMK Kelurahan Terban menggelar lokakarya berorientasi pada penguatan sumber daya manusia masyarakat maupun kelembagaan yang ada di wilayahnya. Saat ini kelembagaan yang ada di kelurahan tersebut mencapai 17 lembaga yang hidup dan berkembang, diantaranya adalah Posyandu, PAUD, PKK, Kelompok Lansia. Menghadirkan nara sumber dari Bappeda, Bagian Tapem dan Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Arif Noor Hartanto, dan diikuti 59 ketua RT, Pengurus RW (Ketua, Sekretaris, Bendahara) se-kelurahan Terban. Demikian dikatakan Hadi Sutarmanto, Ketua LPMK kel. Terban disela-sela pelaksanaan lokakarya di Kaliurang, beberapa waktu lalu (02/08). 
Dikatakan, lokakarya ini merupakan kali kedua dan lebih fokus pada capacity building kelembagaan. Sebelumnya pada Desember lalu juga mengadakan kegiatan yang sama, namun fokus mengkait musrenbang. Pihaknya juga akan menggelar lokakarya berikutnya untuk evaluasi, monitoring dan pengawasan kelembagaan tersebut. “Untuk mematangkan hasil lokakarya ini kami akan bentuk tiga komisi, antara lain komisi implementasi pemberdayaan masyarakat; implementasi manajemen dan administrasi kelembagaan serta komisi implementasi pengawasan” kata Hadi.
Mengenai pelaksanaan kegiatan dana blockgrant yang dikucurkan pemkot, Hadi Sutarmanto mengaku telah melakukan pendampingan beberapa kegiatan baik fisik maupun non fisik. Seperti pembuatan gorong-gorong, gapura, pergolanisasi, perbaikan fasilitas umum. “Animo masyarakat membangun wilayahnya luar biasa, baik ketika proses perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi mengikuti manajemen pembangunan. Semua dilakukan secara transparan dan bahkan masyarakat sendiri yang mengawasi pelaksanaan kegiatan. Bahkan upah yang mereka dapatkan setara dengan upah minimum regional. Yang paling penting adalah swadaya masyarakat dan gotong royong masih kental diwilayah Terban,” tuturnya.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer