Detail Berita
TEMPUH JARAK 350 KM KUNJUNGI SEGO SEGAWE
24-09-2009

    Tepat pukul 13.00 hari Minggu (19/7) serombongan pesepeda yang berjumlah  13 orang dari Kota Surabaya yang tergabung dalam Dalas Cycling Club Surabaya (DCCS) memasuki halaman rumah dinas Walikota di Timoho. Kedatangan mereka dalam rangka touring sepeda Surabaya - Yogyakarta menempuh jarak kurang lebih 400 km untuk melihat pelaksanaan program Sego Segawe yang dicanangkan pemkot beberapa waktu lalu. Ke 13 pesepeda itu disambut Koordinator Sego Segawe, Dra. Yulia Listianingsih dan Kabag Humas dan Informasi, Herman Edy Sulistio, SH  serta komunitas pesepeda Bike To Work Yogyakarta.
    Mohammad Makki dari DCCS mengatakan, pihaknya terkesan dengan gerakan sego segawe di Kota Jogja. “Kami sungguh terkesan dengan program sego segawe yang di gagas pemkot Jogja. Kami melihat sudah ada rambu penunjuk jalan sepeda dan sudah ada garis di jalan untuk pesepeda di kota ini. Dan kami salut atas penyambut kedatangan kami di Jogjakarta, terima kasih Bapak Walikota Jogjakarta dan Komunitas Sego Segawe” tuturnya.
    Ditambahkan, selama perjalanan kami tidak mengalami gangguan yang berarti dan lancer. Derangkat dari Surabaya Sabtu (18/7) pagi sampai Solo sekitar pukul 18.00. Perjalanan ke Yogyakarta minggu pagi dan sejumlah komunitas pesepeda mengadakan penyambutan awal di perbatasan Jawa Tengah - DIY tepatnya di Taman Wisata Candi Prambanan. Kemudian bersama-sama menuju rumah dinas Walikota di komplek Balaikota.
    Koordinator Sego Segawe, Yulia Listianingsih menjelaskan kepada rombongan DCCS, bahwa program sego segawe digagas oleh Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto bukan merupakan upaya untuk bernostalgia bahwa Yogyakarta pernah menjadi kota sepeda. Namun program ini mempunyai visi jauh ke depan sebagai jawaban atas upaya menjaga bumi dari global warming. "Dengan gerakan sego segawe ini kami ingin mengajak seluruh warga ikut menjaga bumi, mengurangi global warming, jadi bukan semata-mata sebagai program nostalgia", jelasnya.
    Sedangkan Nirwana Saloka, salah seorang anggota komunitas Bike To Work Jakarta yang ikut dalam penyambutan mengatakan, pihaknya sangat tertarik program "Green Map" atau peta jalur sepeda yang telah dikembangkan di Kota Yogyakarta. "Kami sungguh tertarik dan terkesan dengan adanya petunjuk jalur-jalur sepeda di Kota Yogyakarta ini sebagai bagian dari pembuatan "Green Map". Jakarta yang lebih dulu menggagas Bike To Work pun sampai saat ini belum bisa mewujudkan jalur sepeda ini" terangnya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer