Detail Berita
UJI EMISI SEMUA KENDARAAN PEMKOT
24-09-2009

Memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, semua kendaraan dinas Pemerintah Kota Yogyakarta, baik roda 2 maupun roda 4 dilakukan uji emisi, termasuk mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota. Bahkan mobil dinas Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Pengadilan Negeri juga mengikuti uji emisi.
Walikota Yogyakarta Herry Zudianto menegaskan semua kendaraan dinas harus lolos uji emisi, terutama yang tahun lalu tidak lolos uji. “Saya akan berikan sanksi administratif bagi pengguna kendaraan dinas yang tidak lolos uji emisi, termasuk juga apabila kendaraan dinas saya tidak lolos,” tegasnya. Herry berharap uji emisi ini bukan sekedar seremonial, namun lebih menekankan pada kesadaran untuk merawat kendaraan dan menjaga lingkungan dari gas buang kendaraan yang berbahaya.
Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir Hadi Prabowo, 35 persen kendaraan dinas pada uji emisi tahun lalu tidak lolos, pihaknya saat ini mentargetkan 90 persen kendaraan harus lolos uji emisi. Selain uji emisi, juga dilakukan launching pengelolaan sampah Jari Polah, pengenalan mobil laboratorium uji kualitas air, dan pembuatan Lubang Resapan Biopori (LBR). Jari Polah merupakan jejaring yang mengikat antar kelompok masyarakat yang mempunyai kebersamaan mengolah sampah. Mobil Laboratorium Uji Kualitas Air senilai 400 juta rupiah ini merupakan mobil layanan yang dilengkapi alat laboratorium untuk memeriksa kualitas air baik itu air sumur, air sungai, dan air limbah domestik.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer