Detail Berita
KETELANDANAN PEMBAYARAN PBB DI BALAIKOTA
24-09-2009

Bertempat di Pendopo Balaikota Yogyakarta (22/07) diselenggarakan acara Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2009. Tampak hadir para tokoh masyarakat seperti Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Sekda Kota Yogyakarta dan GBPH Prabukusumo serta masih banyak lagi para wajib pajak lainnya.
Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan Kota Yogyakarta (DPDPK) Dra Titik Sulastri mengatakan, acara ini bertujuan member contoh dan keteladanan dalam kesadaran membayar pajak dari aparat pemerintah, tokoh masyarakat, dan para pengusaha kepada masayarakat. Sehingga diharapkan masyarakat agar dapat membayar pajak tepat waktu. Ditambahkan, dalam acara ini telah diundang sebanyak 671 wajib pajak dengan ketetapan sebesar Rp. 5.167.512.001,00.
Selain kegiatan di Pendopo Balaikota tersebut, pihaknya juga melakukan beberapa langkah dalam rangka optimalisasi penerimaan PBB tahun 2009. Seperti mengadakan pekan pembayaran PBB ditingkat RW maupun di tingkat Kelurahan se kota, himbauan keliling ke wilayah perkampungan agar segera membayar pajak, membuat iklan layanan masyarakat melalui media televisi, radio dan pemasangan spanduk di tiap kelurahan dan kecamatan, menerbitkan surat teguran kepada wajib pajak yang menuggak, serta evaluasi rutin.
Walikota Yogyakarta dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Drs. Rapingun, menyampaikan, keteladanan yang dimulai dari aparat pemerintah dan tokoh masyarakat ini patut ditiru oleh masyarakat. Pembayaran PBB diharapkan dapat dilakukan lebih awal dari waktu jatuh tempo yakni pada 30 September 2009 nanti.
Sampai dengan bulan Juni 2009 penerimaan PBB Kota Yogyakarta baru mencapai 15,35% atau sebesar Rp 4.347.788.332,- dari target APBD sebesar Rp 28.231.767.437,-. “Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap warga negara, karena dengan membayar pajak adalah wujud partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pembangunan Kota Yogyakarta,” katanya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer