Detail Berita
PENDAMPING LANSIA SE KOTA LAKUKAN OUTBOND
24-09-2009

        Pemkot Yogyakarta mempunyai komitmen untuk mensejahterakan kaum lansia. Guna memberdayakan lansia yang aktif, sehat, mandiri, pemkot melalui TP PKK Kota Yogyakarta mengadakan outbond bagi pendamping lansia, bertempat di komplek balaikota Timoho, belum lama ini(28/07). Outbond yang melibatkan 118 orang pendamping lansia tersebut diwarnai dengan permainan secara mandiri maupun kerjasama. Outbond ini diharapkan dapat sebagai semangat memotivasi dan pembelajaran kerja kelompok pada lansia, agar forum lansia/paguyuban/organisasi lansia dapat kompak dan termanage secara baik, sesuai dengan aturan organisasi dan bermanfaat bagi anggotanya.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak acara pendampingan lansia yang telah dilakukan selama ini di tiap-tiap kecamatan. Pendampingan yang disampaikan tentang materi-materi bagaimana lansia dapat hidup sehat dan mandiri, sehat lahir batin, pikir dan mandiri. “Ini merupakan bentuk apresiasi terhadap forum lansia maupun lansia itu sendiri, dari sekitar 43 ribu lansia yang ada di Kota Yogyakarta nantinya dapat sehat dan mandiri. Kita harapkan forum lansia maupun paguyuban lansia dapat menjadi organisasi yang mengakomodir dan mengkoordinasikan kegiatan lansia wilayah,” papar Tri Kirana.
Kegiatan kelompok lansia diwilayah sangat beragam, minimal masalah senam, akan tetapi kegiatan yang lainnya sudah banyak inovasi seperti karawitan dan kesenian, pengelolaan perpustakaan lansia, dan kegiatan produktif lainnya. Trikirana berharap, semua kelompok lansia dibawah Forum Lansia Kecamatan punya inovasi kegiatan cukup beragam, sehingga lansia lebih aktif dan sehat.
        Kepada forum lansia yang kurang dari harapan, Tri Kirana mengaku telah melalukan pendampingan, pemberian materi dan dimotivasi bekerjasama dengan LPMK, BKM, dan instansi terkait. “Kita juga kerjasama dengan LSM agar pendampingan lebih intensif. Untuk masalah kesehatan dari Puskesman memberikan respon yang bagus. Hal ini dapat kita lihat adanya Posyandu Lansia, bahkan dari Dinas Kesehatan turun langsung sehingga lansia tidak perlu pergi jauh-jauh,” tandasnya. (and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer