Detail Berita
JOGJA NOMINATOR KOTA LAYAK ANAK, DIREKTUR UNESCO KUNJUNGI TAMAN PINTAR
24-09-2009

Kota Yogyakarta menjadi nominator Kota Layak Anak di Indonesia. Sebutan Kota Layak Anak karena memberikan perlindungan dan hak-hak terhadap anak dalam pembangunan berkelanjutan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Sehingga anak dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai harkat martabat anak.
Untuk melihat langsung implementasi Kota Layak Anak di Kota Yogyakarta, Direktur UNESCO Asia Pacipic Growing Up In Project, Chair Asia Pacipic Child Friendly Cities Network, dr. Karen Malone, mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta, Minggu (5/7). Dalam kunjungannya diterima oleh jajaran Kantor Pengelolaan Taman Pintar. Selain ke Taman Pintar, Karen Malone juga mengunjungi Pusat Layanan Telepon Sahabat Anak (TESA) 129 dan Pusat Layanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami (P2TPA “RDU”) Propinsi DIY.
Dikatakan Karen Malone, Pemerintah Kota Yogyakarta mempunyai komitmen dalam pemenuhan hak-hak anak, seperti menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman, penyediaan area publik atau wahana menstimulasi belajar anak. Hal ini dapat memberi manfaat lebih bagi anak-anak untuk berkreasi, berekspresi dan berapresiasi.
Ketika mengelilingi area Taman Pintar, Karen mengagumi begitu tahu anak-anak bebas bermain berkreasi menggunakan alat-alat peraga yang ada di Taman Pintar. Karen juga mencoba beberapa permainan alat musik daerah Angklung dan Gamelan. “Kedepan Taman Pintar harus dapat memberi kesempatan lebih pada anak-anak menikmati area dan alat-alat peraga yang ada”, harap Karen.(tp)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer