Detail Berita
KOTA JOGJA RAIH DUA PENGHARGAAN NASIONAL, KOTA LAYAK ANAK dan KOTA LANGIT BIRU
24-09-2009

 
Hanya selang sehari, Kota Yogyakarta menerima dua penghargaan nasional yaitu Kota Layak Anak dan Kota Langit Biru Terbaik 2008. Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2009 yang diselenggarakan di Hall Rama Shinta Dunia Fantasi Ancol Jakarta (23/7), Walikota Yogyakarta Herry Zudianto menerima penghargaan Kota Layak Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan RI yang disampaikan oleh Ibu Menteri Prof Dr Meutia Hatta Swasono.
Sehari kemudian (24/7) bertempat di Arena PRJ Jakarta bersamaan dengan acara The 17th Indonesia International Motor Show, Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti sebagai duta warga Yogyakarta menerima penghargaan Kota Langit Biru Terbaik Tahun 2008 dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dr Sri Mulyani Indrawati mewakili Presiden RI SBY. Selain tropy dan piagam, juga menerima sebuah sepeda listrik yang merupakan salah satu kendaraan ramah lingkungan.
Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto seusai menerima penghargaan mengatakan, menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mengupayakan terpenuhinya hak anak untuk tumbuh dan berkembang. Strategi, program, kegiatan dan anggaran yang disusun, untuk mengembangkan kemampuan kota Yogakarta mewujudkan kota yang ramah dan layak untuk anak. “Kebijakan pembangunan Pemkot Yogyakarta disusun untuk mendukung adanya lingkungan yang layak bagi anak. Kebutuhan fisik dan spiritual yang layak bagi tumbuh kembangnya anak-anak di Kota Yogyakarta dipenuhi secara seimbang. Kebutuhan anak terhadap intelektualitas dan akademik juga diberi ruang tumbuh yang cukup” kata Herry Zudianto.
Lebih lanjut Pak Herry berpesan pada anak-anak, “Kepada yang saya cintai semua anak-anakku di kota Yogyakarta jangan pernah berhenti untuk terus menempa jati diri sebagai anak Indonesia yang cerdas otaknya, bening hatinya, luas wawasan kemanusiaannya dan tiada henti belajar dan berkarya, kalian adalah lilin-lilin harapan dan cita-cita yang berkembang menjadi obor Indonesia merajud masa depan”.
Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bukti komitmen masyarakat Kota Yogyakarta yang senantiasa menjaga lingkungan yang bersih dari polusi. Tanpa komitmen masyarakat tentu kita tidak bisa meraih prestasi sebagai Kota Langit Biru ini. Ditambahkan oleh Haryadi, banyak program yang saling mendukung dalam Program Langit Biru, diantaranya pembuatan taman kota, pelaksanaan sego segawe, dan uji emisi kendaraan bermotor yang dilakukan secara rutin oleh pemkot Yogyakarta dengan dukungan penuh seluruh warga Kota Yogyakarta.(ism/hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer