Detail Berita
KOTA JOJGA MENJADI PILOT PROYEK PEMBERDAYAAN LANSIA
08-06-2009

 Depkes RI memilih Kota Yogyakarta sebagai pilot proyek pemberdayaan usila (usia lanjut) untuk meningkatkan intelegensia anak. Selain Kota Jogja, uji coba juga dilakukan di empat propinsi lain yaitu NAD, Sumbar dan Kepri. “Ini merupakan kebanggaan karena kota Yogyakarta akan menjadi salah satu pilar pembangunan utama manusia Indonesia. Dimulai di Jogja, dilakukan stimulasi kepandaian anak-anak kita untuk mengembangkan otak kanan dan otak kiri, untuk kemudian ditularkan ke daerah lain,” ujar Ka Dinkes Kota Yogyakarta dr. Choirul Anwar, ketika membuka acara Uji Coba Pedoman Pemberdayaan Usila di Purawisata Yogyakarta, belum lama ini (12/05). 
 Sementara Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Hj Tri Kirana Muslidatun, mengatakan, Saat ini Kota Yogyakarta tercatat sebagai kota yang memiliki jumlah lansia terbesar di Indonesia yaitu mencapai 9 % dari jumlah penduduk. Terbagi dalam 514 kelompok lansia, dengan angka harapan hidup juga tertinggi di Indonesia. Hal itu merupakan potensi sumber daya sangat besar dikembangkan menjadi pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang terarah dan berkualitas. Saat ini dari sekitar 3500 pendidik PAUD di 614 kelompok PAUD se-Kota Yogyakarta tercatat 60 – 70 % adalah lansia. “Para lansia ini mempunyai kelebihan kesabaran dan keikhlasan berbagi dengan orang lain. Dengan modal itu mereka bisa melakukan pekerjaan sebagai pendongeng cerita, mengarahkan bernyanyi hingga mengajak anak-anak melakukan permainan edukasi”, tandas Ibu Wawali.
 Pada kesempatan itu juga dideklarasikan Tim Pokja Pemeliharaan, Peningkatan dan Penanggulangan Masalah Intelegensia Kesehatan tingkat Kota Yogyakarta, yang diketuai oleh Ibu Tri Kirana Muslidatun.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer