Detail Berita
JADIKAN JOGJA KOTA BERSIH DAN TEDUH
08-06-2009

Adipura merupakan penghargaan yang difokuskan pada upaya untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh (clean and green city). Pemantauan dan evaluasi meliputi aspek pengelolaan sampah, pengelolaan ruang terbuka hijau dan pengelolaan kebersihan perairan terbuka dari sampah. Bagaimana upaya pemerintah daerah mewujudkan kota bersih dan teduh ? Ini tentunya menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat. 
Dikatakan Pak Herry “Yang paling penting bagi kita semua warga Kota Yogyakarta dan sekitarnya adalah harus terus menerus ikut bertanggung jawab menjaga dan meningkatkan kesadaran atas telah terjadinya efek pemanasan global yang akan mengenai semua orang dimuka bumi ini. Sekarang ini masyarakat telah merasakan bahwa suhu udara Yogyakarta panas sekali”, tambahnya.
Jadikan kota Jogja bersih dan teduh tidak semata-mata untuk Adipura, namun yang lebih penting adalah menanamkan kesadaran bahwa nilai-nilai sosial dalam manajemen kebersihan sampah, sanitasi dan tata kelola ruang masih belum dipahami masyarakat sebagai nilai sosial peradaban masyarakat modern. Dan hal ini menjadi visi Kota Yogyakarta sebagaimana dalam RPJPD yaitu sebagai kota yang ramah lingkungan.
Marilah gerakan penghijauan harus terus kita lakukan secara intensif dan ekstensif menjadi gerakan masyarakat. Marilah gerakan pemilahan sampah 50 ribu rumah tangga dan pembuatan 1 juta lubang resapan biopori harus berhasil sampai dengan tahun 2011. “Ayo marilah warga masyarakat Jogja untuk benar-benar sadar memelihara kebersihan lingkungan dan terus melakukan penanaman pohon dilingkungan sekitarnya”, ajak Pak Herry.(ss)

abi is agusbudi | Tanya Komputer