Detail Berita
PERUBAHAN LAYANAN UPIK MELALUI SMS 2740
08-06-2009

 Mulai April 2009, layanan SMS UPIK (Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan) melalui nomor 2740 sedikit mengalami perubahan. Khususnya masyarakat pengguna Indosat yang akan menyampaikan keluhan/informasi/saran ke UPIK dapat dilakukan dengan cara ketik UPIK (spasi) saran/informasi/keluhan, kemudian kirim ke nomor 2740 dengan tarif normal Rp 350. Sedangkan masyarakat penggunan telkomsel dan fleksi dapat langsung mengetik saran/keluhan/informasi tanpa harus didahului dengan kata kunci UPIK. Demikian dikatakan Kabag Humas dan Informasi, Herman Edy Sulistio di Balaikota belum lama ini.
 Perubahan cara layanan melalui nomor 2740 dikarenakan operator Indosat mengimplementasikan sistem baru yang disebut Indosat CDMS (Contain Delivery Manajemen System). Dengan penerapan CDMS ini secara teknis menuntut setiap layanan harus memiliki kata kunci/keyword yang harus didaftarkan terlebih dahulu. Proses migrasi terhadap layanan yang sebelumnya sudah berjalan, cukup dilakukan dengan pendaftaran kata kunci/keyword yang digunakan agar dapat berjalan dengan baik seperti sebelum terjadi perubahan system indosat CDMS
  Dijelaskan, saat ini UPIK dapat diakses dengan beberapa jalur yaitu melalui website : upik.jogjakota.go.id, email : upik@jogjakota.go.id dan juga melalui sms dengan nomor 081 2278 0001 (untuk semua operator) dan nomor 2740 (khusus pengguna telkomsel, fleksi dan indosat). Saluran nomor 2740 ini merupakan terobosan pemkot dalam memberikan layanan melalui SMS yang memanfaatkan teknologi VAS (Value Added Services). Warga Kota Yogyakarta dapat memanfaatkan UPIK untuk mengirim pesan keluhan maupun usulan apa saja yang diteruskan ke instansi terkait sehingga dapat penanganan segera. Sejauh ini pesan yang masuk ke UPIK terkait PJU, jalan rusak, perijinan, maupun hal-hal yang menyangkut pribadi, dengan jumlah ratusan pesan setiap bulannya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer