Detail Berita
LAMPU PJU GUNAKAN CDMT
08-06-2009

Lampu penerangan jalan umum di seluruh Kota Yogyakarta akan diganti menggunakan teknologi CDMT. Uji coba penggunaan teknologi CDMT ini telah dilakukan di salah satu lampu halaman air mancur komplek Balaikota. Pemasangan perdana dilakukan sendiri oleh Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto. Teknologi CDMT digunakan karena lebih hemat energi sehingga diperkirakan penggunaannya dapat menghemat anggaran hingga Rp. 500 juta/bulan. 
“Harapan kami, Kota Yogyakarta dapat melakukan efisiensi energi dan ramah lingkungan, juga akan mampu menghemat daya hingga 55 watt untuk setiap titik. Saat ini PJU menggunakan lampu merkuri yang membutuhkan daya 145 watt per titik, sehingga dapat dihemat 70 watt/titik,” terang Walikota. 
Herry berharap penggunaan teknologi ini kedepan membuat Jogja lebih terang dengan penggunaan teknologi yang minimal. Lampu jenis ini selain ramah lingkungan juga lebih tahan lama karena dapat digunakan hingga 4 - 5 tahun. Pemasangannya juga dilakukan sedemikian rupa dengan memberikan penutup di bagian atas lampu sehingga arah penerangan lebih maksimal kebawah dan tidak ‘mblerengi’. “Tahap awal lampu CDMT ini akan dipasang di 94 PJU sekitar jalan Mangkubumi, Malioboro, Ahmad Yani, dan Trikora” tambah Herry.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer