Detail Berita
PEMKOT BANTU 160 JUTA PEKERJA PENCA
08-06-2009

Pemerintah Kota Yogyakarta mempunyai komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan para penyandang cacat (penca). Untuk itu telah dikucurkan dana bantuan sosial sebesar Rp. 160 juta bagi pekerja penca. Bantuan ini direalisasikan dalam bentuk hibah dan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek). Pada tahap awal akan diberikan bagi 60 orang pekerja penca di Kota Yogyakarta. Demikian Kabid Pengawasan Tenaga Kerja dan Hubungan Industrial Dinsosnakertrans, Bambang Sutopo, di Balaikota belum lama ini.
“Kebijakan itu telah kami sosialisasikan kepada pengusaha, seperti bidang industri, perhotelan dan perdagangan, asosiasi usaha, maupun LSM terkait. Untuk mengakses bantuan sosial ini perusahaan dapat menghubungi Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta di komplek Balaikota”, jelasnya.
Ditambahkan, setiap perusahaan dapat menerima bantuan sosial ini untuk 3 orang pekerja penca. Bagi perusahaan yang belum mempekerjakan penca dapat memulai kepesertaannya pada Mei 2009 ini. Sedangkan perusahaan yang telah mempekerjakan penca, bantuan sosial dapat diberikan mulai Januari 2009. 
Bantuan hibah yang diberikan melalui perusahaan berupa subsidi sebesar 25 % dari UMP (upah minimum propinsi) atau sebesar Rp.175.000/bulan selama setahun Sedangkan bantuan perlindungan Jamsostek akan diberikan berupa JKK, JK, JHT, dan JPK, tuturnya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer