Detail Berita
BUKU TERJANGKAU UNTUK SEMUA : Tidak ada alasan tidak membaca buku
08-06-2009

Walikota mengajak masyarakat membiasakan membagi-bagikan buku agar saudara kita yang ekonominya terbatas tetap bisa membaca buku. “Jangan sampai mereka tidak bisa membaca buku karena alasan ekonomi. Buku terjangkau untuk semua. Tidak ada alasan orang tidak membaca buku karena tidak ada kesempatan akibat alasan ekonomi,” ujar Herry Zudianto pada Puncak Acara Bulan Buku 2009 di halaman Perpustakaan Kota Yogyakarta, Minggu (17/05). 
Menurut Pak Herry, pendidikan diperlukan seluruh lapisan masyarakat, tidak saja anak sekolah ataupun mahasiswa, namun juga bagi balita hingga lansia. Pendidikan untuk semua (education for all) diperlukan strategi kreatif untuk mencapainya. Dan buku dapat menjadi solusi untuk mengimplementasikannya. Buku ada di dekat kita, maka seolah-olah selalu ada guru yang mendampingi dan mengajarkan apapun yang ingin kita ketahui. 
Bulan Buku 2009 mengusung tema “Katakan Dengan Buku, Membaca Mengukir Prestasi”, ada dua hal yang hendak dicapai yaitu gerakan menanamkan nilai-nilai gemar membaca buku, dan gerakan berputarnya buku di masyarakat dengan membiasakan menyumbang/wakaf buku ataupun dana buku. 
Puncak Acara Bulan Buku 2009 dilakukan parade buku berupa pawai buku diarak 50 andong dan 50 becak serta komunitas sepeda. Diikuti oleh unsur pemkot Yogyakarta, Forum Taman Bacaan Masyarakat, IKAPI, dan pesepeda Sego Segawe.(tim)

abi is agusbudi | Tanya Komputer