Detail Berita
SELAMAT DATANG DI SENTRA KERAJINAN PERAK KOTAGEDE
08-06-2009

Demikian sebuah tulisan terpampang megah pada gapura besar di jalan Kemasan Kotagede Yogyakarta. Sekilas tulisan ini memberikan infomasi kepada pembaca bahwa mereka berada di wilayah sentra kerajinan perak terbesar dan tertua di Yogyakarta. Gapura sumbangan Bank BPD DIY belum lama ini (06/04) diresmikan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto disaksikan Ketua DPRD Kota, Arif Noor Hartanto, Direktur Bank BPD DIY, Suprayitno, Muspida Kota, Muspika setempat dan tamu undangan.
Walikota Herry Zudianto mengatakan, pembangunan gapura di wilayah yang menjadi sentra industri akan memberikan identitas khusus bagi wilayah tersebut. Juga akan menunjang industri lain yang berada disekitarnya, seperti kerajinan logam (aluminium) yang berada di wilayah Sorosutan Umbulharjo. Dijelaskan, kalau mau membangun ekonomi makro maka pengembangan ekonomi mikro perlu juga dibenahi. Caranya dengan mengembangkan ekonomi wilayah. Kalau berbicara marketing kita harus berbicara bahwa wilayah yang menjadi sentra ini cukup dikenal, lebih dikenal dan sangat terkenal, tambahnya. 
“Saya berharap bangunan gapura ini akan menjadi bagian dari identitas pengembangan ekonomi wilayah. Sehingga Kotagede yang menjadi sentra kerajinan perak dapat lebih dikenal dan menjadi sangat terkenal. Karena masyarakat langsung menghubungkan kalau mencari perak pasti di Kotagede,” tegas Walikota. 
Sementara itu Direktur Bank BPD DIY Dr. Suprayitno, MBA mengatakan, pembangunan gapura sentra industri kerajinan perak di Kotagede ini merupakan perwujudan corporate social responsibility untuk menguatkan dan memberdayakan ekonomi daerah. Dikatakan, pembangunan gapura ini bukti nyata dari BPD DIY dalam mendekatkan diri kepada masyarakat. BPD DIY juga telah menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk ‘community development’ seperti pengadaan air bersih bagi masyarakat , penghijauan, dan beasiswa yang dilakukan setiap tahun.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer