Detail Berita
WALIKOTA DENGARKAN KELUHAN TKI KOTA JOGJA
08-06-2009

Lima orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal kota Jogja yang dideportasi dari Suriname belum lama ini (14/04) menyampaikan keluhan ke Walikota Yogyakarta Herry Zudianto di Balaikota. Kelima TKI itu adalah Wahyu Muji Widada telah bekerja empat tahun, Heri Surana (3 tahunan), dan Fajar Aprianto (2 bulan) warga Pujokusuman MG I/433, Sumarno Notodiharjo (1 tahun) warga Giwangan UH 7/23, dan Yayan Saputra (2 bulan) warga Jogoyudan JT 3/966. 
 Kepada Walikota, mereka menceritakan awal keberangkatannya ke Suriname karena bujukan Franks Waje warga Belanda yang menjanjikan pekerjaan dengan imbalan gaji besar. Tergiur rayuan itu, April 2005 Wahyu yang kesehariannya bekerja sebagai montir, berangkat dengan visa turis dipekerjakan pada perusahan perakitan sepeda motor. Sejak Januari 2006 hingga Oktober 2008 Franks Waje telah memberangkatkan tujuh orang. Lebih jauh Wahyu menceritakan, dirinya dan ke tujuh temannya menanyakan hak-hak mereka yang belum dibayarkan oleh perusahaan. Lantaran itu, Franks Waje malah marah mengusir keluar dari perusahan dengan tidak membawa apa-apa. “Bahkan akte kelahiran ada yang hilang, kami masih dibebani hutang biaya tiket Indonesia-Suriname serta sewa operasional harian penggunaan sepeda motor”, tambahnya. 
Mereka berlindung di KBRI Suriname selama empat bulan sebelum dipulangkan ke Indonesia. 
 Menanggapi pengalaman TKI, Walikota Herry Zudianto menghimbau warga masyarakat Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya agar berhati-hati dan tidak mudah termakan bujukan bekerja ke luar negeri dengan iming-iming gaji besar. Menurutnya, masyarakat harus diberi pemahaman tentang persyaratan bekerja ke luar negeri, juga memberitahu kepada kelurahan setempat. 
Lebih lanjut Walikota berharap dinas terkait proaktif memberikan penyuluhan tentang persyaratan dan dokumen yang harus dimiliki TKI. Sehingga ada pemahaman landasan hukum yang kuat untuk dijadikan alat pengaduan kepada perusahan yang mempekerjakan TKI tersebut.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer