Detail Berita
RW 13 MALANGAN SEBAGAI RW SIAGA
08-06-2009

RW 13 Malangan, Kelurahan Giwangan sebagai RW Siaga andalan yang ada di Kecamatan Umbulharjo. Pasalnya RW yang terdiri 4 RT ini siap melayani warganya di bidang kesehatan dan bencana secara mandiri. Berbagai kegiatan yang dilakukan seperti pengamatan penyakit menular (epidemi) potensial menimbulkan kejadian luar biasa (KLB), penanggulangan penyakit, perbaikan gizi dan kesehatan ibu hamil, kesiap-siagaan penanggulangan bencana, kegawat-daruratan kesehatan, promosi kesehatan, PHBS dan kesehatan lingkungan. “Tujuan RW Siaga adalah mempercepat terwujudnya masyarakat yang sehat, peduli dan waspada serta tanggap terhadap masalah lingkungan di RW serta meningkatkan kemampuan dan kemauan warga menolong dirinya sendiri”, tutur Ketua RW 13 Heru Priyatno
Lebih lanjut dijelaskan, RW 13 Malangan telah melakukan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) antara lain posyandu balita setiap tanggal 5, posyandu lansia setiap hari minggu wage, PAUD setiap minggu pagi dengan kegiatan bermain sambil belajar dan pemberian makanan tambahan. Berbagai kegiatan tersebut didukung dua dokter dan dua bidan warga setempat serta mobil pribadi sewaktu-waktu untuk kepentingan kegawat-daruratan.
Ditemui dikantornya Camat Umbulharjo Agus Winarto, SIP menjelaskan, kegiatan RW Siaga ini merupakan tindak lanjut Kelurahan Siaga dan manfaatnya sangat dirasakan warga karena untuk mengakses kegiatan dan kebutuhan tersebut lebih dekat. RW Siaga ini murni inisiatif dan swadaya warga setempat. Dicontohkan, apabila ada warga yang akan melahirkan, mobil warga siap sebagai ambulance. “Saat ini mobil warga sebagai ambulance ada delapan dan bahkan mobil dinas kecamatan siap melayani warga” tambah Agus.(and).

abi is agusbudi | Tanya Komputer