Detail Berita
MENGINTIP BLOG RW 12 KEPARAKAN KIDUL
08-06-2009

Dewasa ini masyarakat semakin mudah mengakses internet, pasalnya teknologi ini semakin murah dan falimiliar. Komunitas online ajang pergaulan di dunia maya juga banyak terbentuk. Hal ini menginspirasi warga RW 12 Keparakan Kidul membuat blog sebagai media komunikasi. 
Bermula dari pertemuan rutin warga, pengurus RW 12 Keparakan Kidul tergerak memiliki blog sebagai salah satu wahana komunikasi warga. Dimotori oleh Heru Sudjanto ketua RW 12 dan kesepakatan pengurus, sejak 1 Januari 2009 terwujud blog warga RW 12 Keparakan Kidul sebagai kampung digital dengan alamat www.rw12parkid.blogspot.com. 
Menurut Heru, blog ini sebagai akuntabilitas kepengurusan RW 12 yang mengedepankan transparansi. “Informasi tidak hanya milik pengurus, namun warga juga berhak mengaksesnya,” ujarnya. Blog warga juga berfungsi sebagai sumber data kemasyarakatan secara online. Warga dapat mengakses informasi data penduduk, denah wilayah dan peristiwa terkini yang ada di wilayah. Kegiatan kemasyarakatan seperti PKK, Posyandu, Lansia, PAUD hingga kerja bakti kampung akan dilaporkan oleh pengelola blog. “Blog ini cukup efektif menjalin komunikasi dua arah antara warga dan pengurus. Warga dapat menyampaikan usulan dan komentar melalui blog tanpa malu-malu lagi, dan pengurus juga dengan cepat menanggapinya” terang Heru. 
Saat ini www.rw12parkid.blogspot.com dikelola oleh Heru Sudjanto (Ketua RW), Dessi Triyanto (Sekretaris RW), SW Indaryani (PKK RW) dan Indra Haryanto Sindanglurah (Ketua Pemuda RW 12). 
Lurah Keparakan, Rajwan Taufik, SIP sangat mengapresiasi munculnya komunitas warga secara online ini. Dia berharap adanya blog sebagai sarana komunikasi secara online tidak akan mengurangi intensitas pertemuan fisik antar warga.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer