Detail Berita
Pondasi Generasi Yang Cerdas Dan Kuat Pemkot Launching 622 Pos Paud Se - Kota
19-10-2007

Bertepatan peringatan Hari Anak Nasional 2007 Kota Yogyakarta yang bertemakan "Aku Anak Indonesia Sejati, Mandiri Dan Kreatif ", TP PKK Kota Yogyakarta dan Forum PAUD Kota bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota melaunching 622 Pos PAUD se-Kota, Sabtu (21/07) bertempat di Taman Pintar.  Launching Pos PAUD juga serentak dilaksanakan di 14 Kecamatan se-Kota. Peringatan HAN Kota Jogja dimeriahkan gebyar seni pelajar TK, SD, SMP dan SMA.

PAUD merupakan upaya bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk tumbuh kembang jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD menjadi tekad Pemkot Jogja memberikan kesempatan pendidikan usia dini bagi seluruh masyarakat sehingga tercipta generasi berkualitas.

Ketua TP PKK Kota Jogja, Dyah Suminar mengatakan, PAUD adalah pendidikan yang cukup penting dan bahkan merupakan pondasi mewujudkan generasi yang cerdas dan kuat. Masa keemasan usia dini (0-6 tahun) merupakan usia sangat menentukan khususnya dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak. Pada usia  tersebut apabila diberi rangsangan dan stimulasi secara optimal maka potensi tumbuh kembang anak akan tercapai secara optimal pula. Pada usia ini anak mampu menyerap informasi sangat tinggi sekaligus pengembangan intelegensi permanen. Maka kualitas pendidikan di usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak di periode emas ini. PAUD menjadi penting karena majunya bangsa ini tergantung juga pada pendidikannya.

Lebih lanjut Dyah menjelaskan, anak usia dini (0-6 tahun) di Kota Jogja ada 28.598, sementara yang tertampung di PAUD baru sekitar 13.349 anak, sehingga masih ada 15.249 anak yang belum tersentuh program ini. Dengan adanya Pos PAUD yang tersebar di wilayah RW se kota diharapkan semua anak dapat menikmati PAUD.

Launching dibuka secara langsung oleh Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto dan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Hj. Dyah Suminar ditandai dengan pemukulan drum, sekaligus pelepasan balon dan penyerahan buku panduan PAUD kepada kader. Tampak hadir Ketua DPRD, Arif Noor Hartanto, Ketua Forum PAUD Kota Jogja, Ki Sutikno, Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Hj. Tri Kirana Muslidatun serta ratusan anak-anak usia PAUD.

Dalam kesempatan itu Herry Zudiatno mengatakan, launching ini diharapkan dapat memotivasi Pos PAUD meningkatkan kemampuannya seiring perkembangan ilmu pendidikan usia dini sekaligus memasyarakatkan PAUD dan menggugah kesadaran orang tua untuk memberikan terbaik bagi anak-anak sejak dini. Namun demikian hendaknya masyarakat jangan terjebak pada pemahaman bahwa pendidikan anak diserahkan sepenuhnya pada PAUD atau sekolah-sekolah formal. Sesungguhnya pendidikan anak yang terpenting adalah di lingkungan rumah tangga melalui peran orang tua dalam berkomunikasi dan sikap keteladanan. Dengan demikian, keterlibatan orangtua secara intensif dalam pendidikan putra-putrinya menghantarkan anak menjadi pintar, kreatif, berkepribadian. Anak dapat menikmati hak-haknya dalam nuansa perasaan senang dan bahagia sekaligus orangtua pun bertambah pengetahuannya dalam membimbing anak sehingga hubungan orangtua dan anak semakin erat.

Pak Wali juga menyampaikan pesan pada anak-anak, "Ayo terus tingkatkan diri tak henti menggali potensi yang kalian miliki, tunjukkan semangat dalam meraih cita-cita dan prestasi. Jadilah anak yang kreatif, cerdas, beriman dan berbudi pekerti luhur. Kami semua senantiasa mendukung dan menyayangi kalian".

Untuk perkembangan PAUD, Pemkot Jogja dalam APBD 2007 membantu operasional sebesar Rp. 622.000.000. sedang untuk pengelolaan Kelompok Bermain dan TPA sebesar Rp. 36.600.000.

Sebagai bentuk kesungguhan terhadap pentingnya pendidikan usia dini, pembangunan Taman Pintar juga dilengkapi  play ground dan PAUD sebagai wahana pembelajaran sains sejak usia dini. Yakni permainan-permainan yang mampu menstimulus syaraf-syaraf psikomotorik dan kognitif anak.

abi is agusbudi | Tanya Komputer