Detail Berita
PAUD TIARA SIWI SELENGGARAKAN OUTBOND
08-06-2009

Sekelompok anak kecil tampak senang dan ceria meski masih harus di bimbing orang tuanya. Mereka mencoba melintasi halang rintang sebuah tali raffia dan kotak kardus. Ada yang lancar melewati ada juga tersangkut kakinya bahkan ada yang bolak balik mencobanya. Itulah suatu kejadian yang lain dari biasanya ketika PAUD Tiara Siwi RW XIII Panembahan menerapkan metode belajar dengan melakukan outbond bagi anak-anak usia dini. Saat ini metode outbond mulai dikembangkan oleh Pengurus PAUD Tiara Siwi RW XIII Kelurahan Panembanan Kecamatan Kraton.
Jalan kampung sepanjang 300 meter disulap menjadi sebuah taman bermain sebagai area outbound. Mulut gang sengaja ditutup dengan portal sehingga kendaraan yang biasanya lalu-lalang tidak bisa memasukinya. Outbond yang diselenggarakan pengurus PAUD Tiara Siwi mengambil tema “Rumahku Tempat Bermainku” berlangsung Sabtu (28/3). Harapannya adalah dapat memberikan lingkungan bermain sambil belajar yang aman dan nyaman bagi anak-anak di lingkungan RW XIII Panembahan. Juga menjadi inspirasi bagi kader-kader dan para pendidik PAUD untuk melakukan inovasi yang lebih demi tumbuh kembang anak-anak usia dini. 
Area outbond dibangun secara mandiri mengekplorasi segala sesuatu yang ada di wilayah RW XIII. Seperti jalan kecil, pekarangan warga dan barang-barang bekas dalam setiap rumah tangga. Pemanfaatan tempat tinggal sebagai sarana outbound diharapkan akan mampu memberi pengenalan lebih kepada anak-anak terhadap lingkungannya sendiri. 
Pengurus PAUD Tiara Siwi, Swesti Siswaningrum menjelaskan, berbagai jenis outbond dan permainan yang digelar dimaksudkan untuk melatih anak mengembangkan potensinya, melatih kebersamaan, kecakapan dan saling pengertian dengan anak yang lain. “Selain halang rintang tali raffia dan kardus, ada dunia air seperti mancing ikan dan balon air. Kemudian lingkungan hidup dunia hewan dan tanaman, bercocok tanam, kerikil titian dan ini karyaku. Ada juga permainan bola seperti basket, bowling dan sepakbola, serta pelajaran memasak di dapur, berkuda dan bersepeda”, jelas Swesti.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer