Detail Berita
NAIK SEPEDA KECELAKAAN, PEMKOT BERI ASURANSI
08-06-2009

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan asuransi bagi pelajar Kota Yogyakarta yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah. Asuransi ini diberikan pada seluruh pelajar SD hingga SMA baik penduduk kota maupun bukan. “Bagi pelajar yang berangkat dan pulang naik sekolah berhak memperoleh asuransi ini. Bahkan asuransi ini juga akan diberikan bagi orangtua/wali yang mengantar atau menjemput siswa ke sekolah,” ujar Kepala UPT Jamkesda, Kusminatun, di Balaikota beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut dikatakan, asuransi dapat diberikan untuk keadaan kecelakaan yang terjadi baik di wilayah maupun di luar wilayah Kota Yogyakarta, asalkan kejadian tersebut dalam rangka berangkat ataupun pulang sekolah. Termasuk juga perjalanan mengikuti kegiatan ekstra/intra kurikuler sekolah. Untuk mendapatkan asuransi, harus ada laporan dari pihak sekolah bahwa kecelakaan terjadi saat berangkat atau pulang sekolah. “Besaran klaim akan diberikan sesuai dengan sakit yang diderita akibat kecelakaan. Jaminan diberikan di kelas III semua Rumah Sakit di Kota Yogyakarta, anggaran yang disediakan cukup besar mencapai 1,6 miliar” tutur Kusminatun. Pihaknya menghimbau, seluruh sekolah di Kota Yogyakarta agar segera memberitahukan ke Jamkesda apabila ada kasus kecelakaan sepeda terhadap anak didiknya. Syaratnya mudah, hanya tercatat sebagai murid sekolah yang bersangkutan. 
Terpisah, Walikota Herry Zudianto juga menandaskan bahwa sepeda saat ini patut diperhitungkan sebagai moda transportasi di peradaban modern. Selain sehat dan ramah lingkungan, gerakan bersepeda akan menumbuhkan nilai-nilai karakter kesederhanaan, anak akan tertanam nilai untuk menghargai apa yang diperbuat bukan apa yang dikenakan. “Anak yang bersepeda ke sekolah adalah anak gaul bergaya hidup modern, karena menjadi bagian dari manusia yang ingin mengurangi pemanasan global, polusi, dan pemborosan energi,” terang penggagas segosegawe.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer