Detail Berita
PASAR SENTHIR KIDUL BERINGHARJO
08-06-2009

Pasar Senthir mulai berbenah tampil lebih cantik dan menarik, setelah mendapat kucuran dana stimulan sebesar 590 juta rupiah dari APBD Kota Yogyakarta 2008 beberapa waktu lalu. Pedagang tidak perlu repot lagi mengemasi dagangan bila hujan turun, sebuah shelter panjang siap melindungi. Dagangan juga ditata rapi berjajar pada sebuah meja dasaran berwarna hijau. Display yang seragam ini menjadikan trik pemasaran untuk mengeksploitasi naluri konsumtif pengunjung. 
Pasar Shentir menempati area parkir kidul Beringharjo mulai ramai dari sore hingga malam hari. Mereka yang jualan berasal dari komunitas Paguyuban Pasar Sore, Persatuan Pedagang Kakilima Yogyakarta 37 (PPKLY 37) dan Paguyuban Pedagang Pasar Yogyakarta (Papasta). Tampilan baru sarthir ini diresmikan Walikota Herry Zudianto dan Wakil Walikota Haryadi Suyuti beberapa waktu lalu. 
Berbagai barang dagangan dijajakan disini, selain baru sebagian juga barang bekas. Mulai dari pakaian, sepatu, perlengkapan rumah tangga, buku, barang-barang antik hingga barang elektronik, onderdil mobil/motor/sepeda. Semua itu memiliki nilai lebih karena kualitas dan keunikannya sehingga menjadi daya tarik pengunjung.
Sarthir yang ramai sejak sore hari hingga larut malam ini, para pedagang ingin menolong pembeli mendapatkan barang sesuai yang diinginkan. Mereka tidak semata-mata menjajakan dagangan tetapi lebih memberi service pada pembeli. Disini memaknai ”menjual” dengan konsep ”menolong” artinya para pedagang tidak hanya mendapatkan keuntungan duniawi semata tetapi juga insya Allah surgawi. 
Seperti Pak Mujadi warga Bausasran, biasa disapa koleganya dengan sebutan Pak Jenggo, berjualan sepatu sudah puluhan tahun sebelum direlokasi di sarthir. Dia dan pedagang lain melayani dan menjelaskan pada pembeli dengan rasa ikhlas, ramah dan sabar. Sikap itu tampak terpancar dari raut mukanya. Para pedagang tidak semata-mata menjual dagangan tetapi memberikan servis yang baik kepada pembeli
Kita berharap keberadaan Pasar Senthir dengan wajah baru, pedagang akan mendapatkan rejeki lebih baik dan lebih barokah. Pasare Resik Rejekine Apik semoga Pasar Senthir tak akan pernah redup.(ism)  

abi is agusbudi | Tanya Komputer