Detail Berita
MAKANAN KHAS NIKI TIYANG KOTAGEDE
08-06-2009

Cita rasa makanan khas Jogja dikenal banyak wisatawan ketika berkunjung menikmati keindahan kota ini. Satu diantaranya adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan dengan berbagai macam rasa. Itulah Yangko merupakan makanan khas Kotagede. 
 Menurut H. Suwardi, sebenarnya nama makanan khas Kotagede yang betul adalah Kiyangko (niki tiyang kotagede). Seiring perkembangan waktu sebutan itu lebih popular dengan Yangko. “Awalnya memang kiyangko, namun masyarakat sering menyebut yangko saja, ya kita manut dan terbiasa menyebutnya demikian,” tutur Suwardi kepada koran ini.
yang mulai usahanya sejak tahun 1979. 
 Bapak tiga anak ini mulai usahanya sejak tahun 1979, mengolah yanko sendiri dan keluarganya dengan modal beras ketan dan gula pasir sekitar 5 kg. Kini usahanya yang menempati rumah di Ponggalan UH VII / 229 Yogyakarta berekembang hingga mampu mengolah beras ketan 1 ton dalam satu bulan. Suwardi mengaku, musin liburan terutama menjelang dan saat lebaran, perusahaannya dapat menghabiskan 3 ton lebih. “Musim liburan atau lebaran kami melibatkan anak-anak yang sedang libur sekolah. Mereka membantu membungkus sampai memasukan kedalam doos. Anak-anak ini bisa membungkus sekitar 200-250 kardus/anak,” kata pria yang menunaikan ibadah haji tahun 2006 ini.
 Dijelaskan, proses pembuatan yangko cukup panjang. Mulai pencucian beras ketan, dikukus sampai matang, hingga ditempatkan di papan untuk dikeringkan. Setelah agak kering dipisahkan dari gumpalan-gumpalan besar, dipisah berbentuk serpihan beras kembali, dijemur hingga kering. Setelah kering beras-beras yang telah dikukus tadi digoreng sangan (digoreng tanapa minyak/dipanaskan diatas wajan) hingga matang. Seusainya digoreng, bulir beras ketan ini digiling hingga halus. Tepung beras ketan yang telah halus diadoni dengan air dan aroma rasa hingga menyerupai jenang yang agak kenyal. Kemudian diratakan diatas papan untuk dipotong sesuai ukuran. Terakhir dibungkus dan pengepakan dalam doos untuk dipasarkan.
Untuk pemasarannya, selain memiliki tiga kios, Suwardi juga memiliki langganan 80 kios pusat oleh-oleh di Kota Yogyakarta. “Yangko buatan kami mempunyai beberapa rasa seperti rasa kacang, stroberry, nangka, durian serta coklat”, tambah H. Suwardi yang telah mengantongi ijin sejak tahun 2000 dari Departemen Kesehatan.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer