Detail Berita
PEMKOT KUCURKAN 1.6 MILYAR UNTUK ADMINISTRASI RT/RW : Dana Stimulan Bukan Untuk Honor
26-05-2009

Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengucurkan dana stimulan sebesar Rp. 1.691.300.000,- (satu milyar enam ratus sembilan puluh satu juta tiga ratus ribu rupiah) kepada 614 RW dan 2523 RT se-Kota Yogyakarta. Masing-masing RW akan menerima sebesar Rp.700.000,- per tahun sedangkan RT sebesar  Rp 500.000,-  per tahun. Dana tersebut akan diberikan setiap semester atau 6 bulan sekali yaitu Rp 350.000,- per RW dan Rp 250.000,- per RT. Adapun alokasi dana stimulan adalah untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan administrasi RW dan RT seperti pembelian alat tulis kantor, fotocopy dan sebagainya. Demikian disampaikan Kasubbag Bina Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan, Bagian Tata Pemerintahan, Polana Setiya Hati, di Balaikota belum lama ini.

Menurut Polana, “Dana ini merupakan stimulan untuk kebutuhan administrasi RT dan RW, besaran dana sangat dimungkinkan belum bisa memenuhi semua kebutuhan administrasi, sehingga dalam penggunaannya bisa didampingi dengan dana swadaya masyarakat.” Lebih lanjut ditegaskan, bahwa dana stimulan ini bukan merupakan honor pengurus RT dan RW, karena pengurus RT dan RW merupakan jabatan amanah dan pengabdian kepada masyarakat dilingkungannya sehingga tidak ada kompensasi berupa honor.

Selain itu dalam waktu tidak lama lagi pemerintah Kota Yogyakarta juga akan mengucurkan dana stimulan khusus sebesar Rp. 2 juta untuk masing-masing RW. Dana ini dipergunakan untuk kegiatan penghijauan dan atau kebersihan lingkungan dan pengadaan peralatan kesekretariatan kantor. Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah menyediakan dana sebesar Rp. 3,699 M untuk stimulan pemberdayaan masyarakat kelurahan bagi 45 kelurahan se-Kota Yogyakarta. Rencananya dana ini akan mendukung pelaksanaan pembangunan di wilayah baik kegiatan fisik ataupun non fisik. (ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer